Tata Cara/Etika Bertanya, Menjawab Pertanyaan & Berkomentar di Forum Online

Latar belakang saya menulis artikel sederhana ini adalah karena ada beberapa member di Komunitas SketchUp Indonesia yang mengeluh, kecewa bahkan mungkin marah karena postingan berupa pertanyaan tidak ada yang menjawab. Ada juga yang kecewa karena admin tidak meloloskan pertanyaan atau showoff(pamer) hasil karyanya. Atau ada juga yang kecewa karena showoff pamer hasil render & modeling diloloskan tapi tidak ada yang like or comment satupun....wkwkwk.
Lalu saya coba cari tahu kenapa bisa terjadi? Apa penyebabnya.? Lalu gimana solusinya? Lalu kalo cuma showoff pentingkah di-like or di-comment?

Secara umum kasusnya adalah sebagai berikut:
1. Pertanyaan/Postingan tidak diloloskan atau lama di approved Admin
2. Pertanyaan tidak ada yang jawab. Padahal grup aktif & ramai.
3. Dijawab dengan joke/candaan & tidak serius jawabnya.
4. Lebih parah, pertanyaannya bukan dijawab malah di ledek & di bully habis-habisan.

Pernahkah temen-temen KSI mengalami 1 dari 3 point di atas? Atau bahkan mengalami ketiganya. Hahahaha...

Saran saya sih ga usah kaget, kecewa, marah & baperan. Karena saya udah mengalami itu semua....wkwkwk. Pengalaman terparah adalah saat saya berkomentar di sebuah TS. Saya dibilang suka satire & sok pinter. Saya dikatai kebun binatang & manusia kotor.

Saat itu saya tidak kaget, karena yang membalas komentar adalah orang baru & tidak faham cara & gaya saya yang suka joke. Saya juga coba intropeksi & emang saya salah. Karena saya menganggap semua member suka dengan joke dalam bentuk satire. Maka sejak itu saya cari cara agar benar & baik dalam mengajukan pertanyaan, menjawab/berkomenter. Minimal saya kudu siap, legowo & tidak baper saat di bully...wkwkw
Saya juga coba mulai belajar agar menggunakan emoji yang tepat, tidak nyinyir, sinis atau perkataan lainnya yang bisa menyinggung saat ikut serta berkomentar.

Yuk kita gali lebih dalam fenomena ini. :)

INI ADALAH FAKTA, BUKAN FIKTIF


1. Member group rajin saling membantu satu dengan lainnya menjawab pertanyaan adalah FAKTA tanpa bayaran. Justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong menjawab pertanyaan kita.

2. Pertanyaan yang tidak menarik, nyeleneh, ngocol & ngaco kemungkinan besar bakalan di bully adalah FAKTA yang ga bisa dia hindari.

3. Pertanyaan yang terlalu umum, terlalu dasar & terlalu recehan adalah FAKTA-nya kudu tabah ga ada yang jawab atau respon. Padahal FAKTANYA juga adalah recehan buat om Master adalah rebuan buat om Newbie.. :)

4. Member jarang sekali menggunakan fitur pencarian topik diskusi di Grup. Buka-buka dokumen/file, album, photo & video grup. Ini juga FAKTA.

 Lalu gimana caranya supaya member lain tergerak hatinya untuk ikhlas & rela menjawab pertanyaan Anda?  dengan melakukan langkah-langkah berikut ini. Cekidot :)

A. PERSIAPAN SEBELUM BERTANYA


1. Fahami & sadari jenis & tema grup apa yang anda ikuti. Admin biasanya membuat beberapa syarat berupa pertanyaan sebelum kita join grup.
2. Baca rule aturan grup. Jangan menanyakan sesuatu yang dilarang dalam aturan
3. Sebelum berntanya dahulu di grup, cobalah usaha cari dahulu jawabannya dengan mencarinya sendiri Google, yahoo, bing atau search engine lainnya
4. Lakukan pencarian di grup, semua situs medsos umumnya memiliki fitur ini.
5. Cobalah buka-buka dahulu dokumen, file & album grup. Cara ini malah mengasikan, bisa saja pertanyaan anda lainnya bisa ada.
6. Lakukan cara lainnya apa saja terserah yang pada  intinya kita udah berusaha mencari sudah berusaha untuk memecahkan masalah tersebut.
7. Jika anda mengikuti banyak grup serupa dengan tema yang sama, hindarilah Cross-posting (memposting pertanyaan ke banyak group sekaligus). Ini bisa bikin member yang juga banyak ikut digrup menjadi malas menjawab. Kita juga akan kerepotan reply atau sekedar ucapkan terima kasih jika di sana-sini pertanyaan kita di jawab.Walau si penolong tanpa pamrih minta ucapan terima kasih, tapi itu adalah etika saat kita telah terbantu dengan  jawaban member lain.

B. CARA MEMPOSTING PERTANYAAN DI GRUP/KOMUNITAS

Jika belum pernah memposting pertanyaan di forum grup, Jangan langsung bertanya via individu/PM/JAPRI/INBOX. Jika tiba-tiba dia menerima pesan dari kita yang belum dikenalnya kadang merasa tertanggu. Karena kita belum pernah posting atau bukan member aktif yang dikenal banyak member lain.

Bertanya dulu ke forum secara terbuka adalah lebih baik, karena beberapa alasan berikut ini:

1. Jawaban dari pertanyaan kita jadi bisa bermanfaat untuk banyak orang. Karena ada beberapa member ingin menanyakan hal yang sama dengan kita. Mereka akan senang membacanya karena sudah kita wakili. Mungkin anda akan mendapatkan like, komen jawaban positif atau juga mungkin di bully. Ini tergantung cara bertanya kita.

2. Jawaban dari pertanyaan kita biasanya akan tersimpan di arsip group tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain. Jadi pertanyaan juga akan muncul di hasil pencarian facebook, google atau yang lainnya.

3. Jika grup itu aktif, peluang pertanyaan anda dijawab akan lebih besar. Bisa jadi mereka ingin berlomba-lomba duluan menjawab. Sebab jika dia lihat di kolom komentar sudah ada yang jawab, paling dia like ajah itu jawaban atau kasih emoji tanda setuju dengan jawaban sebelumnya. jadinya para member group bisa sama-sama saling membantu menjawab pertanyaan Anda.
C. CARA MEMPOSTING PERTANYAAN YANG BAIK
Sebenarnya tidak terlalu sulit sih, asal kita bisa menempatkan diri kita pada posisi mereka (anggota-anggota group lainnya), dan berpikir, kira-kira bagaimana kata-kata yang bisa membuat member lain senang pertanyaan kita.

1. Lihat & baca dahulu Rule aturan grup yang kita ikuti. Siapa tau pertanyaan kita & jawaban member lain nanti justu melanggar aturan. Bukan kita ajah yang kena akibatnya. Mungkin member yang yang jawab juga bisa kena di baned/blokir sama si mimin.
Contoh:
Jika di rule grup tersebut dilarang menyebarkan software crack, ilegal, bajakan. Akan fatal jika kita bertanya link download software crack/ilegal tersebut. Jika si admin lagi OL, post pertanyaan kita akan dihapus. Mending kalo cuma dihapus, yang galak malah kita langsung di kick sampai di blokir...wkwkwk

2. Coba gunakan kata/tag pembuka berikut ini jika kita membutuhkan jawaban/pertolongan dari masalah yang tidak ketahui.
- ???
- tanya
- tolong
- diskusi
- help
- ask/wta(want to ask)
- minta/request

3. Gunakan bahasa yang sopan
Jika kita menggunakan kata-kata yang kurang sopan atau bahkan kasar, jangan aneh jika kemudian pertanyaan kita tidak ada yang menjawab satupun. Alih-alih ingin dapat solusi malah lebih parah kita bisa di bully member lain yang tidak sukan dengan bahasa yang kita gunakan.

Cobalah gunakan kalimat pembuka yang baik. Contohnya seperti ini:
- "Mohon izin bertanya min/teman/kawan-kawan"
- "Mohon bantuan teman-teman yang baik hati"
- "Apakah ada yang bisa membantu saya?"
- dll

Di akhir pertanyaan kita bisa tambahkan pula kata penutup seperti ini:
- "Mohon bantuannya, terima kasih"
- "Terimakasih banyak sebelumnya"
- dll


Ingat bahwa member apalagi yang mastah/pakar tersebut tidak menerima bayaran untuk membantu kita, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.

Jadi jangan ujug-ujug bertanya, apalagi pertanyaannya rancu ga jelas. Contoh yang salah kebanyakan bertanya seperti ini:
- "Ada yang punya ini ga?"
- "Ini kenapa ya?"
- "Dimana download ini, itu"
- dll

4. Jangan dikira/berasumsi  bahwa kita berhak mendapat jawaban. Apalgi malah ngotot pengen  mendapatkan jawaban. Ingat FAKTA BUKAN FIKTIF. :)
Karena jika kita mengira akan dijawab, maka kita akan kecewa berat ketika FAKTANYA pertanyaan kita tidak terjawab.  Bukannya kita  berusaha untuk introspeksi kenapa tidak ada yang jawaban, eh malah kita marah-marah di grup tersebut karena tidak ada yang jawab. Ini fatal banget, kita akan tidak di hiraukan, malah mungkin balik di bully & caci maki...hahaha

5. Ajukan pertanyaan yang jelas & mudah di fahami.

Pertanyaan seperti "Saya download settingan VRay/HDRI/Material dari web ini, tapi saat saya terapkan di sceen...bla..bla..bla..dst" Nah, pertanyaan sperti ini  mempunyai peluang besar untuk dijawab.

Adalah salah jika kita cuma langsung bertanya:
"Tolong dong, ini kenapa ya renderan saya jadi gelap/hitam semua" tanpa ada  keterangan apapun.

Jadi, cobalah jelaskan masalah Anda secara singkat tapi detil berikut dengan berbagai data-data yang ada. Seperti spesifikasi mesin render, render engine yang kita pakai, versinya, bahkan sampai ke Senjata tempur PC/Lepi kita. 
INGAT bahwa para member/mastah  di group tersebut bukan lagi duduk-duduk ngopi disamping kita yang bisa langsung lihat & jawab. Jadi sumber informasi mereka hanya posting dari kita saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.

Sudah dijelaskan panjang lebar, berbelit-belit, tanya ini itu dikira si mastah pakai render engine VRay, eh tau-taunya pakai Enscape, lumion, dll. Ampun dah ah,...ah.. pantesan dari tadi eluh telmi & ga nyambung...hahahaha.

6. Maksud lengkap & sedetail mungkin bukan berarti pertanyaan kita ngasal panjang lebar kayak buat cerpen. Hindari banyak kalimat yang tidak relevan dari fokus pertanyaan. Boleh juga sih diselingi joke tapi sewajarnya ajah. Karena ga semua mengerti & suka dengan joke candaan kita.Intinya buat seinformatif mungki, padat, ringkas, jelas. titik. :)
Kasihan kan, udah lama-lama baca panjang lebar, ternyata isi pertanyaannya cuma sesimple & sederhana banget. Ini bisa jadi sampah.

7. Tulis pertanyaan kita dengan bahasa Indonesia yang benar. Jangan terlalu pakai bahasa gaul atau prokem yang semua orang tidak gunakan bahasa itu.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa kita  adalah orang yang ceroboh, dan para mastah yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi kita.
INGAT ini FAKTA bahwa di satu grup bisa terdiri dari berbagai usia & profesi. Ada yang masih usia SMP, SMK, Kuliah, Arsitek, Pemborong, Developer, 3D Artis Profesional,  Mamang kang bangunan, mandor, dll. Jadi pakai bahasa yang umum jelas bahasa Indonesia.


8. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada member lain yang menjawab masalah kita.
Kalimat seperti "gara-gara ikutin saran dari si Anu,  PC saya jadi error, kena virus, render jadi lambat" tanpa bukti yang kuat akan cenderung membuat para pemberi tutorial menjadi tidak tertarik lagi untuk membantu menyelesaikan error yang kita alami, atau malah mereka tersinggung tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa kita mengalami error ketika mengikuti tutorial yang diberikan dan bisa dengan kalimat sopan seperti saya sudah mengikuti tutorial ini tapi kenapa jadi error ya sketchup & vray saya apakah ada langkah yang saya lewati?, so jangan membuat klaim yang tidak bisa kita buktikan karena bisa jadi kesalahan justru ada pada kita karena melewati salah satu langkah dari tutorial tersebut.

9. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan cuma sekedar tebakan-tebakan. Jika kita bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan kita salah, dan malah menunjukkan kebodohan diri kita sendiri di depan umum.

10. Buat kesimpulan & infokan jika permasalahan kita telah terjawab. Walau bukan 100% dari jawaban member. Uraikan langkah-langkah yang kita lakukan.
Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di group tersebut, karena para mastah di group akan menilai bahwa kita bisa juga memberi umpan balik berbagi (dan tidak hanya meminta) dan mereka pada umumnya sangat menghargai ini.

D. CARA MENJAWAB & MENANGGAPI JAWABAN

Para mastah, sifu, suhu & master di grup juga memiliki cara berbeda dalam menjawab tiap pertanyaan yang di lempar di sebuah komunitas. Ada yang menyenangkan, lucu, mungkin ada juga yang ngeselin si penanya. Ini balik lagi dipengaruhi oleh kwalitas pertanyaan kita.

Sebenarnya ini biasa saya lakukan dalam berkomentar saja. Bukan menjawab, karena saya buka mastah atau sifu. Cuma sedikit sok tau ajah numpang tenar berkomentar di tiap TS yang membutuhkan jawaban...hahahaha

Cara menjawab pertanyaan yang baik

1. Fahami situasi, latar belakang & pendidikan penanya.
Ini emang agak sulit dilakukan jika harus mendetail mempelajari profile si penanya. Tapi minimal dari foto profile, tanggal mulai bergabung. Biasanya saya melihatnya dari gaya bahasa saja udah cukup menentukan kira-kira usia berapa si penanya ini. Atau apa latar belakang si penanya. Kadang soalnya foto profile bisa saja yang dipasang foto anaknya...hehehe.
Anak muda cenderung minta jawaban instan, padahal yang dia tanya sangat komplek sekali.
Memberikan screen shot kadang miring-miring membuat malas ingin membantu menjawab.

2. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu !
Seringkali sipenanya menandai/men-tag kita dengan harapan dari kitalah jawaban itu bisa menyelesaikan masalahnya. Padahal kita bukan fakar/ahli persoalan yang dia tanyakan. Mau di cuekin ajah tidak berkomentar tidak enak. Ya sebaiknya kita komen saja "Maaf om saya tidak tahu, saya bukan ahlinya". Atau mungkin jika kita tahu siapa member mastah yang lebih tepat untuk menjawab, ya ga ada salahnya  kita tag member itu. "Coba colek mastah ...." itu lebih baik.

Salah jika memberi jawaban yang ngawur & sok tau. Apalagi jika jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih buruk lagi daripada, karena akan menyesatkan si pe-nanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi Kita  sebagai mastah di group yang bersangkutan.

3. Jangan ledek seseorang karena ketidak tahuannya
Anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jangan sombong. Ada pepatah sang bapak membimbing anaknya, sang guru membimbing muridnya, senior membimbing junior. Nah, jadi sang bapak, sang guru maupun sang senior kalau mau membimbing jangan pakai sepatunya sendiri..
harus coba pake sepatu yg dibimbing (merasakan berada dalam posisi yg dibimbing),
jadi punya kesabaran untuk menjawab pertanyaan yg berulang-ulang.. nah kalau masih belum bisa, berarti belum bisa juga jadi bapak, guru maupun senior. (copy-an salah salah satu komen di group sebelah)

4. Jika informasi yang ada kurang, jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan pe-nanya sampai masalahnya terpecahkan.
Ingatkan ketika dulu Kita masih bodoh, dan orang-orang membantu Kita dengan senang hati? Bantuan Anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya menjadi mastah pula di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang tidak tahu.

5. Jawaban Coba gugling, tanya mbah gugel, RTFM atau STFW memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika Anda bisa menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang sekedar memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang pe-nanya!

6. Jika ada fasilitas FAQ di forum Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para calon pe-nanya terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan cepat, dan Anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi berkurang.

7. Jika penanya menanyakan sesuatu yang dilarang di rule grup, maka cukup infokan mohon baca rule grup, tidak perlu di tambahin bullyan atau komen ngeledek. Dia lakukan karena kebanyakan adalah FAKTANYA sedikit member yang ga mau baca rule grup.


CARA MENANGGAPI BALASAN

1. RTFM atau STFW
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melakukan kesalahan yang fatal jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW) Jangan tersinggung, karena ini fakta (Anda melakukan kesalahan etika).
Karena yang menurut Anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin Anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi Anda.Dan berbagai kemungkinan lainnya.
Yang lebih bijak adalah menenangkan diri Anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.

Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1. Kemungkinan Anda akan mengatakan hal-hal yang memalukan Anda sendiri, padahal kebanyakan postingan group facebook terarsip di Internet., dan bisa dilihat oleh seluruh member facebook yang lain.
Tindakan Anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
2. Para pakar di group tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan
Yang lebih baik adalah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi petunjuk ini baik-baik.

Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang group tersebut bukan group yang tepat. Tapi jangan dibalas, karena Anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja group lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.

5. Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda

a. Jangan tersinggung
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya.
Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless)
b. Jangan posting ulang pertanyaan Anda
Para pakar di group tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan tidak ada yang mengetahui jawaban dari masalah Anda, akan merasa kesal ("cerewet benar orang ini")
Sebaliknya, cari jawabannya di group yang lain.

Semoga bermanfaat
Sumber Asli : http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik

Dicopas & di modifikasi sesuai kebutuhan untuk member KSI & para pembaca blog ini dari http://www.kaskus.co.id/

Tulisan Asli
Oleh : Harry Sufehmi

Tata Cara/Etika Bertanya, Menjawab Pertanyaan & Berkomentar di Forum Online Tata Cara/Etika Bertanya, Menjawab Pertanyaan & Berkomentar di Forum Online Reviewed by NCEP Studio on Maret 28, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.