Kupas Tuntas Cara Export Impor file Sketchup ke CAD


Kupas Tuntas Cara Export Impor file Sketchup ke CAD

Assalamu'alaikum teman-teman semua. Semoga sehat & sukses selalu menyertai kita semua.

Modeling gambar 3D pada SketchUp memang tergolong mudah, simple & cepat. Tidak sedikit para tukang gambar/drafter beralih dari AutoCad ke SketchUp untuk mengerjakan gambar dalam format 3D.

Beruntung karena SketchUp versi Pro memiliki fitur untuk Export - Import dari/ke format AutoCad (DWG). Tapi ada beberapa pertanyaan dari teman-teman yang kesulitan dalam mengimpor format gambar 2D/3D AutoCad ke dalam SketchUp. Umum yang sering dikerjakan dibidang arsitektur adalah mengimpor layout denah, site plan dari format DWG.

Sebelum kita mengimpor file AutoCAD, ada baiknya kita musti mengetahui apa yang CAD lakukan dan apa yang tidak didukung oleh entitas CAD SketchUp Pro. Juga kita musti faham  cara menyiapkan file CAD untuk hasil expor/import terbaik.
Jika kita mengekspor file SketchUp Pro ke format CAD, cara kita mengimpor file CAD tergantung pada apakah itu file 2D, seperti denah lantai, atau model 3D. Di artikel ini, Teman-teman juga bisa menemukan bagaimana data SketchUp diekspor ke format CAD.

Kupas Tuntas Cara Export Impor file Sketchup ke CAD

Fahami apa saja objek elemen CAD yang dapat diimpor SketchUp

Tidak semua objek gambar dalam CAD bisa di impor ke dalam SketchUp. Jadi tidak usah heran jika ada sesuatu yang hilang saat kita mencoba mengimpor file CAD ke sketchUp. Ini karena sketchUp akan mengabaikannya & tidak akan diimpor karena tidak dikenan sebagai entitas SketchUp.
Nah berikut ini adalah, objek elemen yang dapat & tidak dapat di impor ke SketchUp.

Entitas yang
didukung SketchUp
Entitas yang
Tidak didukung SketchUp
Arcs Proprietary ADT
or ARX objects
Circles Dimensions
Entities with thickness Hatching
Faces Text
3D faces XREFs
Layers

Lines and supported Line Styles

Materials

Polyline-based solids

Nested blocks

AutoCAD regions

Point

Ellipse

Spline

RasterImage



Nah dari tabel di atas jangan berharap setelah teman-teman impor file SketchUp akan muncul tuh Dimensi, text, pola hatch & objek CAD yang tidak di dukung oleh sistem CAD SketchUp.
Lalu gimana solusinya atuh.?
Solusinya adalah ya coba ubah ke format yang didukung SketchUp seperti akan diuraikan berikutnya. Kalo tidak mau atau tidak bisa mengubahnya?,  ya gimana lagi atuh.  Silahkan lah lakukan mengedit ulang di SketchUp seperti menggambar ulang yang hilang, mengetik atau memberi dimensi ulang di SketchUp.. hehehe.

Mempersiapkan file CAD untuk impor ke SketchUp

Ada beberapa langkah penting yang perlu kita perhatikan supaya kita sukses & meminimalisir potensi kegagalan & banyaknya objek CAD yang hilang.

1.Backup File

Ini penting untuk membackup dahulu file CAD asli untuk mencegah hal-hal terburuk yang mungkin kita tidak prediksi sebelumnya. Bisa lakukan dengan save as di AutoCAD atau Copy Paste lewat explore lalu rename namanya.

2. Ubah objek elemen yang tidak didukung oleh SketchUp

Jika teman-teman ingin & sangat perlu mengimpor elemen CAD yang tidak didukung ke SketchUp, cobalah di AutoCAD untuk melakukan Explode untuk  elemen-elemen tersebut. Sehingga objek elemen CAD menjadi objek gambar dasar yang primitif agar mampu di import ke SketchUp.

Misalnya, ketika kita meng-explode objek CAD ke entitas blok, maka akan diimpor  ke SketchUp sebagai komponen. Jika kita meng-explode entitas blok CAD menjadi polyline, maka si polyline tersebut akan diimpor ke SketchUp sebagai satu garis saja atau sebagai polyline lagi.
CAD Explode Text - Expor import SketchUp

Cobalah juga meng-explode text, dimensi AutoCAD ke objek line jika teman-teman ingin juga sekaligus mengimpor text atau dimensi tersebut ke SketchUp. Tapi perlu diingat, saat sudah di sketchUp text atau dimensi text tidak bisa di edit sperti halnya text & dimensinya kepunyaan SketchUp. Jadi pastikan sudah tidak ada kesalah.

3. Hapus layer yang tidak perlu

Dalam file CAD yang diimpor, SketchUp secara otomatis membuang entitas yang tidak memiliki relevansi 3D, seperti teks, dimensi, hatch, dan sebagainya. Namun, SketchUp tidak akan membuang layer dari objek entitas autoCAD tersebut. Untuk menghindari adanya sekelompok layer  yang kosong di SketchUp, Teman-teman mungkin perlu membersihkan(purge) layer yang tidak digunakan. Ini bisa dilakukan melalui menu Windows > Model info > Statistics > Purge unused

4. Pindahkan geometri ke dekat titik asal

Di SketchUp, geometri yang jauh bermil-mil atau kilometer jauhnya dari titik asal (0,0) dapat menyebabkan masalah kinerja. Untuk menghindari masalah ini, periksa penempatan geometri di file CAD sebelum kita mengimpor file CAD ke SketchUp.

Misalnya, Kita mengimpor file DWG Autodesk AutoCAD, seperti site plan, denah atau garis-garis kontur. Jika objek grafik atau geometri tersebut jauh dari titik origin AutoCAD (0,0), maka sebaiknya pindahkan mendekati titik origin sebelum mengimpor file CAD ke SketchUp.
Titik origin asli koordinat CAD - Expor import SketchUp

Bisa juga hal ini diabaikan, dengan catatan saat dialog impor di sketchUp muncul hapus pilihan opsi Preserve Drawing Origin dalam opsi impor DWG / DXF SketchUp, seperti yang nanti akan dijelaskan dijelaskan dalam Mengimpor file CAD ke SketchUp, nanti dalam artikel ini.

5. Perkecil/Kurangi ukuran file jika perlu

Umumnya, file CAD impor ke SketchUp berhasil ketika ukuran file dibawah 15MB. Saat kita mengimpor file CAD yang lebih besar, proses impor file besar bisa memakan waktu lama atau bisa jadi mungkin gagal. Sebaliknya, semakin kecil ukuran file CAD Anda, semakin cepat dan mudah impor. Cobalah bagi menjadi bagian-bagian  jika memang filenya besar melebihi 15 MB.

Biasanya setelah file CAD yang sangat kompleks berhasil diimpor ke SketchUp, kita mungkin memperhatikan bahwa kinerja SketchUp melambat. Itu karena garis dan face di SketchUp berisi lebih banyak data daripada CAD yang setara.

Tip: Untuk hasil terbaik dengan file CAD yang diimpor, pertahankan ukuran file yang diimpor ke minimum. Berikut adalah beberapa tips untuk meminimalkan file CAD sebelum Anda mengimpornya ke SketchUp:

  • Impor hanya geometri yang diperlukan. Model SketchUp dapat dirancang seakurat model dalam CAD. Namun, SketchUp tidak dirancang untuk jenis gambar garis intensif yang sama dengan yang dilakukan dalam perangkat lunak CAD. Di file CAD Anda, bersihkan atau hapus konten apa pun yang tidak perlu Anda gunakan setelah Anda mengimpor file CAD ke SketchUp. Anda dapat menyederhanakan file CAD menjadi hanya dinding - dan mungkin pintu dan jendela jika Anda ingin memodelkannya dalam file SketchUp Anda juga.
  • Pisahkan level detail antara file CAD yang berbeda. Jika file CAD Anda memiliki banyak geometri yang diperlukan, pertimbangkan apakah Anda memecah satu file menjadi beberapa file yang lebih kecil. Misalnya, satu file CAD yang diimpor dapat berisi informasi rencana situs, yang lain dapat memiliki denah lantai, dan file akhir dapat memiliki detail spesifik.

6. Periksa & cocokan unit ukuran

Ini penting, karena jika tidak saat sudah berada di sketchup tidak berskala yang jelas & baku walau kelihatannya proporsional. Bisa saja jadi besar sekali atau kebalikannya unit satuannya jadi sangat kecil. Maka sangat perlu mencocokan ukuran di AutoCAD & di SketchUp.
Saat kita mengimpor file CAD ke SketchUp, Kita perlu tahu apakah file CAD yang kita import menggunakan mm, cm, m atau satuan pengukuran lain seperti inchi, kaki dst. Dengan begitu, begitu dapat mencocokkan unit model SketchUp dengan unit file CAD. Jadi skala gambar dapat kita pertahankan sama & cocok saat sudah diimpor skethUp.

Pada SketchUp 2018 dan yang lebih baru,  memiliki fitur opsi untuk mengimpor model menggunakan unit yang ditentukan dalam file CAD. Di dropdown Unit, pilih Model Unit dari daftar, yang memberitahu SketchUp untuk mencoba mencocokkan unit yang disimpan dalam file CAD. Jika SketchUp tidak dapat menentukan satuan pengukuran apa yang digunakan untuk membuat file CAD, standarnya adalah 1 unit CAD sama dengan 1 inci di SketchUp.

7. Simpan dalam format file CAD yang kompatibel dengan SketchUp

Ketika SketchUp mengimpor file CAD, SketchUp menghapus informasi tersebut ke komponen geometris dasarnya. Jadi, apa pun format versi file AutoCAD yang kita gunakan (seperti AutoCAD 2013 atau 2018), hasil akhirnya pada dasarnya adalah sama saja disketchUp. jadi untuk memaksimalkan kompatibilitas antara file CAD dan SketchUp, maka lebih baik menyimpan file CAD Anda dalam format Release 13 atau Release 14.

Cara impor file CAD ke Sketchup

Jika telah faham apasaja yang bisa diimpor, juga sudah melakukan semua persiapan tersebut diatas. Maka berikut ini adalah cara importnya:
  1. Silahkan buka SketchUp.  Lalu klik menu File> Import. Dialog box impor akan muncul.
  2. Arahkan & buka folder dimana file CAD kita berada.
  3. Dibagian bawah kanan pada  Files of Type drop-down list, silahkan pilih tipe AutoCAD Files (*.dwg, *.dxf).
  4. Silahkan pilih file CAD yang akan di impor
  5. Klik tombol Options. Akan muncul kotak dialog  Import AutoCAD DWG/DXF , seperti gambar dibawah ini.
  6. (Optional) Pada bagian Geometry area, Silahkan teman-teman pilih opsi tambahan dengan keterangan sebagai berikut:
    • Centang  Merge Coplanar Faces agar impor oleh SketchUp otomatis membuang gari tris(triangulated lines) dari planes/face.
    • Centang Orient Faces Consistently memberitahu SketchUp untuk menganalisis arah face yang diimpor dan mengarahkan face kedepan sehingga arahnya menjadi sama ini penting untuk proses rendering. (Silahkan baca disini, pentingnya me-reverse face pada proses rendering)
  7. (Optional) Centang juga the Preserve Drawing Origin untuk menempatkan objek geometri yang diimpor sesuai dengan posisi objek terhadap titik origin  yang ditentukan dalam file .dwg atau .dxf. Jika di AutoCAD objek gambar yang dimpor jauh dari titik originnya. Biarkan kotak centang tidak dipilih jika kita ingin menempatkan geometri yang diimpor di dekat titik originnya  SketchUp (0,0).
  8. (Optional) Untuk mengimpor geometri pada skala yang benar, pilih unit yang digunakan dalam file CAD kita. Klik daftar drop-down Unit. PilihUnit Model, Inci, Kaki, Yard, Mil, Milimeter, Sentimeter, Meter dan Kilometer sesuai dengan unit skala di File CAD.
  9. Jika semua pilihan opsi sudah kita tentukan. Klik Ok langsung, sambil berdo'a supaya file CAD yang kita import bisa sukses tanpa kehilangan  objek/eleman apapun...hehehe.

Tip:
Jika kita tidak tahu unit yang digunakan dalam file CAD, pilih Unit Model(Kusus diatas 2018) sehingga SketchUp mengubah satu unit CAD menjadi 1 inci di SketchUp. 
Bisa juga kita gunakan tipe unit yang besar, seperti kaki atau meter (Sesuaikan jenis satuannya). Kemudian kita dapat mengubah ukuran model sesuai kebutuhan setelah diimpor. Misalnya dari meter ke centimeter atau dari inch ke kaki.

PERHATIAN: 

Jika kita memilih unit satuan yang kecil, seperti milimeter, tetapi model file CAD yang kita import awalnya adalah dimaksudkan untuk ditampilkan dengan satuan feet/kaki, Ini akan fatal karena bisa jadi kita dapat secara tidak sengaja membuat sebuah face akan hilang lenyap saat diimpor. Karena minimal sketchup dapat mengenali onjek face harus lebih besar dari 0,001(0,0254mm) persegi.  

Memahami bagaimana data SketchUp diekspor ke format CAD

Nah saat sekarang kita coba kebalikannya, yaitu mengexpor file SketchUp ke format CAD. Apa perlu juga? hehehe.. mungkin saat ini teman-teman tidak perlu. Tapi percaya deh, suatu saat akan mengalami. Entah karena kebutuhan yang urgensi dalam proyek. Atau sekedar ingin tau mencoba kebalikannya. Mana yang lebih mudah modeling di SketchUp lalu Export ke CAD? atau modeling di CAD lalu expor ke SketchUp.? :) 

Sebelum Kita mengekspor model SketchUp ke format file CAD (.dwg atau .dxf), Kita mungkin perlu memahami bagaimana data SketchUp diterjemahkan ke dalam format CAD yang Kita pilih. Inilah yang perlu Teman-teman  ketahui:

  • Permukaan Face di SketchUp diekspor sebagai mesh polyface triangulasi dengan garis tersembunyi frame dalamnya (jika ada). Konversi ini membantu untuk mensimulasikan tampilan file SketchUp Anda, bahkan ketika semua permukaan Face yang diekspor berbentuk segitiga, maka akan di expor juga bagian tris ini.
  • SketchUp menggunakan unit saat ini yang ditetapkan di panel Unit dari kotak dialog Model Info sebagai referensi untuk terjemahan ke file .dwg atau .dxf. Misalnya, jika pengaturan unit Info Model saat ini adalah Desimal dan Meter, maka AutoCAD harus diatur ke desimal juga. Ini penting agar unit menerjemahkan dengan benar sebagai meter ketika kita membuka file yang diekspor di AutoCAD.
  •  Entitas objek garis duplikat yang tumpang tindih tidak dibuat menjadi entitas p-line.

Mengekspor Model SketchUp sebagai file CAD 2D

Okay, jika kita sudah faham gimana data file SKP di export ke program CAD, sekarang saatnya kita coba Export. Jadi jangan cuma & hoby impor ajah, kalo bisa export kenapa juga tidak dilakukan.  Kan bisa jadi tambahan devisa buat negara... wkwkw. ga nyambung dah. Biar ga bete om... ini soalnya artikel terpanjang yang saat ini saya buat. :)

Kembali ke laptop...!!!
Saat kita berniat untuk mengekspor tampilan model SKP kita dalam format  file 2D CAD, Sudah pasti model kita tidak ada yang bentuk 3D apalagi ada yang "dipushpull" atau "follow me". Saat akan export Kita dapat memilih skala dan sejumlah opsi garis. Supaya bisa menghasilnya objek berupa vektor 2D dalam format .dwg atau .dxf yang dapat teman-teman buka di program CAD.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengekspor file CAD 2D:

1. Ubah view camera menjadi Parallel Projection. Kemudian atur lagi view/tampilan camera kita  ke salah satu tampilan Standar SketchUp. Bisa dengan menklik icon View Toolbar atau dengan mengakses menu Camera> Standard Views dan pilih salah satu dari standar View yang ada(Top, left, right, front atau lainnya). Ini bertujuan untuk mempertahankan skala model  SKP yang akan diekspor.

Standard Views Cara Impor file AutoCAD ke Sketchup
2. Selanjtunya Pilih File> Export> 2D Graphics
Akan muncul kotak dialog lalu arahkan folder ke tempat kita ingin menyimpan file yang diekspor.


3. (Opsional) Ubah nama file jika Kita ingin memberi nama file yang diekspor sesuatu selain nama file SketchUp saat ini.

4. Pilih jenis file .dwg atau .dxf. Di Microsoft Windows, pilih opsi ini dari Dropdown List Save As Type. Pada Mac Ubtuntu, gunakan daftar drop-down Format.

5. Klik tombol Opsi untuk mengatur opsi skala dan garis, yang akan dijelaskan secara terperinci dalam daftar yang akan datang. Setelah selesai, klik OK di kotak dialog Opsi Garis Tersembunyi DWG / DXF (Microsoft Windows) atau kotak dialog Opsi Ekspor (Mac OS X).

6. Terakhir Klik tombol Exsport untuk menyimpan file SKP menjadi file CAD di lokasi yang kita pilih.


Sealnjutnya kita akan membahas kotak dialog opsi garis yang di expor dari SKP ke DWG.  Agar saat di export sesuai dengan kebutuhan & harapkan kita... :)
Silahkan simak gan.

PERHATIAN..!!!
Mungkin ini akan terjadi jika teman-teman tidak mengikuti & mengabaikan langkat ke-1 cara Export di atas. Semua opsi dalam kota dialog akan non-aktif seperti terlihat pada gambar dibawah ini.  Solusinya adalah Silahkan ubah Camera ke Parallel projection & Camera View ke Standar View. Jika tidak mengalami hal ini, abaikan saja ikuti langkah berikutnya.
Opsi error/disable  

Berikut adalah keterangan penting dari Dialog Box Option.
  • AutoCAD Version: Pilih versi AutoCAD apa yang diinginkan sesuai versi AutoCAD yang kita install di PC/Lepi kita
  • Drawing Scale & Size: Full Scale(1:1) defaulnya adalah di centang. Namun, jika kita tidak memilih kotak centang itu, Kita dapat mengatur skala khusus. Di kotak isian Width & Height silahkanketikkan pengukuran aktual yang ingin kita gunakan untuk mengatur skala. Di kotak isian Model, ketikkan nilai untuk penskalaan model yang diekspor. Misalnya, untuk skala 1: 4, ketik 1 'di kotak Model In dan 4' di kotak isian In Drawing.
     
  • Profile Lines: Di sini, kita dapat menyesuaikan bagaimana garis
    profil muncul di file yang diekspor. Kita dapat mengatur lebar garis
    sebagai berikut:
    • Pilih None Ada untuk mengekspor garis profil pada lebar
      standar.
    • Pilih Polylines with Width untuk mengekspor garis profil
      sebagai AutoCAD polyline. Ketika Kita memilih opsi ini, garis profile yang diekspor akan otomatis disesuaikan  dengan lebar garis profil pada SketchUp. Atau jika ingin mengubahnya pilihan Otomatis, kita dapat memasukkan lebar khusus di kotak isian Width.
    • Pilih Wide Line Etntities untuk mengekspor garis profil sketchup mengikuti entitas garis lebar di AutoCAD.
    • Separate on Layer, defaulnya adalah dicentang. Opsi ini adalah untuk membuat layer khusus bagi garis profil. Jika kita telah menggunakan lapisan SketchUp untuk mengontrol visibilitas, perhatikan bahwa penetapan Layer di SketchUp tidak diterjemahkan secara langsung saat Kita mengekspor file SketchUp ke file CAD 2D.
  • Section Lines: Opsi ini memungkinkan kita suapaya bisa juga mengexport  section line atau section slice dari gambar SKP yang akan kita export ke CAD. Caranya agak panjang, insyaAlloh akan kita bahas nextime ajah ya... :)
 
  • Extension Lines : Beberapa aplikasi CAD mungkin memiliki masalah mengenali endpoint sebuah garis dan intersection garis ketika model kita  menggunakan ekstensi garis SketchUp. Buang centang pada kotak centang Show Extension untuk menonaktifkan ekstensi dalam file yang diekspor. Jika kita membiarkan Show Extensions dicentang dan membuang centang pada kotak centang Automatic, teman-teman dapat memasukkan panjang yang tepat untuk ekstensi garis di kotak isian Length.

Di OS Microsoft Windows, Anda dapat memilih
Always Prompt for Hidden Line Options jika kita ingin mengatur opsi di kotak dialog ini setiap kali kita akan mengekspor file CAD 2D. Kita juga dapat mengembalikan pengaturan default dengan mengklik tombol Defaults.

Mengekspor Model SketchUp menjadi file 3D CAD

Masih semangat membaca & mempraktekannya? hehehe.. ini bagian akhir jika teman-teman ingin juga bisa meng-export file sketchUp format 3D menjadi file CAD. Ngopi dulu deh biar fresh lagi...hehehe

Saat kita ingin mengekspor model SketchUp sebagai file 3D CAD , kita dapat memilih objek entitas apa saja yang ingin diekspor. Untuk mengekspor model 3D sketchUp ke 3D CAD, monggo silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Di SketchUp, klik menu  File> Ekspor> Model 3D. Akan muncul Kotak dialog Export Model.
  2. Seperti bisa, arahkan ke lokasi folder tempat kita ingin menyimpan file yang diekspor.
  3. (Opsional) Ubah nama file jika kita mau. Secara default, file yang diekspor menggunakan nama yang sama dengan nama file SketchUp kita.
  4. silahkan Pilih .dwg atau .dxf sebagai format file untuk file yang akan  diekspor. Di Microsoft Windows, pilih jenis file Anda dari daftar drop-down Save As Type. Di Mac OS X, gunakan drop-down list Format.
  5. Klik tombol Opsi untuk membuka kotak dialog Opsi Ekspor, yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. 
    Cara Export 3D SketchUp ke file AutoCAD
  6. Silahkan pilih Versi AutoCAD  yang inginkan di kotak pilihan AutoCAD version
  7. Di bagian  Export, silahkan centang setiap opsi dari jenis entitas SKP yang ingin kita sertakan dalam file yang diekspor. 
  8. Klik OK setelah kita selesai mengatur semua opsi.
  9. Kembali di kotak dialog Export Model , klik tombol Export untuk memulai mengexport. 
  10. Setelah selesai, silahkan coba buka file CAD tersebut dengan AutoCAD teman-teman. 
Gimana? Bisa terbuka?
Jika tidak bisa terbuka, ini umumnya karena salah memilih versi yang tidak sesuai dengan versi AutoCAD yang teman-teman install. Coba ulangi langkahnya.

TIP: Ekspor dan Impor dengan material untuk interoperabilitas BIM dan workflow yang lebih baik adalah menggunakan  format .dwg.

Demikian tulisan ini saya kopas, translate & coba utak atik susun lagi berdasarkan sumber aslinya dari:
https://help.sketchup.com/en/sketchup/importing-and-exporting-cad-files 

Silahkan bagi teman-teman yang ingin mempublish ulang, membagikan dengan catatan menyebutkan sumber asli tulisan ini. Syukur-syukur mau menyertakan blog gado-gado saya ini yang udah susah payah mentranslate & menyusun ulang agar mudah di baca & di pahami... hehehe.

Semoga bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kekeliruan atau salah ketik.

Cuma Alloh SWT Yang Maha Mengetahui & Maha Berilmu

Wassalamu'alaikum wr.wb
Kupas Tuntas Cara Export Impor file Sketchup ke CAD Kupas Tuntas Cara Export Impor file Sketchup ke CAD Reviewed by NCEP Studio on Maret 27, 2019 Rating: 5

9 komentar:

  1. KALO NULIS JANGAN KOPAS AJA BRAY

    BalasHapus
  2. BAE.....ATUH....BRAY...����

    BalasHapus
  3. kenapa kalau eksport file sketch up ke autocad ukurannya jadi berubah, padahal ukuran units di sketcup dan Autocad udh sama2 Meter. mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di ceklist export dimensionnya?
      Maksud berubah bisa lebih spesifik? Berubah unit dimensi atau berubah nilainya.
      Jika berubah unitnya, bisa disiasati dengan skala di CAD atau rubah unit di SketchUp.
      Pengalaman sy bentuk2 3D sangant sulit bahkan kadang jadi berantakan modelnya.
      Paraktik terbaik adalah coba export import bentuk2 yg simple dahulu. Misalnya sebuah kotak 2D dengan dimensi & unit tertentu. Lalu amati perubahan saat di expor impor. Dari paraktek sederhana ini kita bisa mengakali dengan trik2 tertentu. Sejujurnya sy juga kadang sering mengalami hal ini. Tapi kadang bisa di akali dengan trik yg kadang berbeda-beda.

      Hapus
  4. mau nanya dong, gimana caranya supaya file autocad yang di export ke sketchup garisnya bisa langsung di push tanpa perlu di gambar ulang di sketchup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di centang merge coplanar face ? Step ke-6 CARA IMPOR FILE CAD. Maaf,, Di screen shoot sy tidak centang. Fungsinya jika di centang untuk membentu tris. Tapi terkadang tidak semua face dapat di baca. Tergantung cara modeling/gruping di skpnya

      Hapus
  5. Mau tanya donk, klo kita export SKP ke cad, misal tampak depan, terus hasilnya garis2 dibelakangnya itu terlihat, jadi hasilnya jadi byk garis, itu knapa yah? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependek pengetahuan sy.. export file skp ke cad belum bisa export secara khusus view/tampak sceen. Saat export dari skp ke cad otomatis semua objek/entity gambar akan total ter-export. Fitur baru terbatas pada opsi seperti terlihat pada screen shoot no.5 topik artikel ini. Sebenarnya bisa dengan menggunakan plugin khusus untuk mengubah 3D model skp menjadi 2D model skp. Cuma jadi 2 kali kerja dan file jadi banyak sebanyak view yg mau di export ke cad.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.