Pentingnya Membuat Grup & Komponen pada Sketchup

Pentingnya Membuat Grup & Komponen pada Sketchup
Karena sangat simple, mudah & cepatnya membuat model 3D di SketchUp, terkadang kita mengabaikan Pentingnya Membuat Grup & Komponen pada Sketchup. Padahal fitur ini justru akan lebih mempermudah  lagi kita dalam melakukan modeling di SketchUp. 

Saking asik memainkan tools line, pushpull, followme yang relatif mudah membuat kita lupa melakukan Grup & Komponen. Sehingga semua objek gambar & model menyatu.

Ya betul om... memang pekerjaan modeling akan relatif sangat cepat jika untuk pribadi, tidak untuk client.
Tapi bagaimana jika disain modeling kita misalnya Rumah di peruntukan untuk client ? Kemudian dia minta revisi beberapa bentuk atau perubahan layout ruangan, tata letak furniture, dll. Pernah mengalami..??? Terus bagaimana solusinya jika revisi tersebut harus segera selesai. Nah..loh... :)
Apalagi jika model rumah kita disain diminta owner/client dalam model blok kavling, cluster,  hunian yang berderet banyak? Haduuhh.. saya kapok om..wkwkw

Makanya om, menurut pendapat kami, Memahami fungsi fitur Grup & Komponen ini menurut pendapat kami adalah satu keniscahyaan. dalam melakukan modeling di Sketchup juga di software 3D modeling lainnya.

Apa itu Group ?

Grup adalah kumpulan dari beberapa objek gambar atau model. Dalam satu mungkin saja terdiri dari grup lainnya. Jadi fitur Group Sketchup ini jika boleh saya definisikan adalah fitur untuk menggabungkan beberapa objek gambar/model menjadi satu. 

Kenapa sih harus membuat Group & menamainya..? 

  1. Memudahkan kita dalam menyeleksi objek
  2. Memudahkan dalam mengatur, memposisikan & snaping objek
  3. Membantu mempermudah fungsi Hide 
  4. Urutan disain model dapat lebih fokus & teratur
  5. Menghemat memory & resource processor

Cara meng-Group Bagaimana?

  • Memilih satu persatu : Klik satu persatu objek gambar yang akan kita satukan. Tahan keyboard Crtl untuk menandai/menambah objek. Tahan Shift untuk menandai atau membuang tanda
  • Memilih dengan bersamaan  dengan cara memblok/Drag
  • Dobel klik :  untuk memilih Face beserta garis/verteknya yang tersambung/menyatu secara paralel (Satu bidang)
  • Triple klik :  untuk memilih semua objek yang baik face atau pun garis yang tersambung dengan objek lainnya walaupun tidak satu bidang.
  • Setelah proses seleksi objek yang akan di jadikan grup sudah terpilih dengan benar, kita tinggal klik kanan pada seleksi tersebut lalu pilih "Make Gruop"

Apa Maksud Component Sketchup?

Sama seperti grup, dalam komponen juga bisa terdiri dari beberapa komponen lainnya. Perbedaannya adalah jika Group Component satu kita rubah baik model, texture, skala dll, Maka Component lain ikut berubah. Kecuali jika komponen tersebut di setting "Unique Component"
Umumnya komponen diterapkan pada objek yang ingin kita array/perbanyak. Seperti pagar, pintu, genteng, atau apa saja. Bahkan satu model rumahpun kita harus jadikan komponen jika ingin di copy atau di buat couple pada suatu proyek gambar perumahan, kavling, cluster, town house,dll.

Cara membuatnya pun hampir sama dengan cara membuat Group, perbedaannya adalah setelah selesai seleksi, klik kanan, lalu pilih "Make Component". Beri nama komponen sesuai bentuk modelnya. Jangan biarkan nama default "Component#1", nanti jika komponen semakin banyak kita akan bingun mencari komponen yang akan kita edit/modif.

Saat komponen sudah diperbanyak/copy, jika ada komponen yang sedikit berbeda cukup buat menjadi "Make Unique". Lalu edit/modif komponen tersebut. Jangan lupa memberi nama yang berbeda untuk tiap komponen yang kita buat unik agar saat komponen baru/unik terserbut di perbanyak maka kita tidak akan mengalami kesulitan dalam proses modeling.

Cara mengedit Group & Component tinggal dobel klik saja, atau edit klik kanan lalu pilih "Edit Component"

Komponen & grup ini sebenarnya erat kaitannya dengan Layer, Entity info & Outliner. InsyaAlloh akan kita lanjutkan lain waktu.

Selamat membuat Component & Group. Jangan Mager ya....wkwkwk
Pentingnya Membuat Grup & Komponen pada Sketchup Pentingnya Membuat Grup & Komponen pada Sketchup Reviewed by NCEP Studio on Februari 23, 2018 Rating: 5

3 komentar:

  1. Terima kasih banyak, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Kenapa pada sketchup 2018 saya ourto shelnya tidak aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggunakan versi Pro atau versi trial? Jika menggunakan versi pro, maka semua fitur solid tools tetap akan aktif termasuk outherShell.
      Sepengetahuan sy, versi make/free saat ini hanya sketchup 2017. Fitur solid tool hanya bisa outhershell saja.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.