Method dalam Unity3D – Unity C# Tutorial-1

Method dalam Unity3D – Unity C# Dasar-1
Seperti kita mafhum bersama, bahwa bahasa/skrip yang di pakai pada Game Engine unity salah satunya adalah bahasa C#. Di Unity sendiri ada beberapa Method utama yang harus kita kuasai dan fahami. Karana method ini sering kali digunakan dalam pembuatan game atau aplikasi lainnya. Berikut adalah method-method C# unity.


Void Awake

Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start().

contoh :
void Awake(){
pintu = GetComponent();
gerbang = GameObject.Find("gerbang");
jenisKaca = kusen.GetComponent();
darahUtama = GetComponent();
}


Void Start


Void Start() methode yang di eksekusi hanya satu kali dan di awal saat program dijalankan. Biasanya di methode ini adalah tempat mendeklarasikan variabel awal, splash screen , intro video, dll yang hanya ingin di jalankan pada awal program

contoh :
void Start(){
tebalTembok = 150;
bolLampuOn = false;
bolSaklar = false;
Phi = 3.14159265;
}


Void Update


Void Update() mthode yang di ekseksekusi realtime frame per frame.  Jadi listing program akan terus dieksekusi selama program berjalan. Hampir mirip denga proses looping tapi berbeda prinsip kerjanya. Void Update ini digunakan juga untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi, variable yang kita deklrasikan di awal.

Contoh :
void Update(){
time += Time.DeltaTime;
Debug.Log("Kondisi Saklar lamu " + bolLampuOn);
if(bolSaklar == true) {
bolLampuOn = true;
SetMalamHari();
}
}


Void LateUpdate


LateUpdate ini method sama dijalankan frame per frame di belakangkan atau methode void Update dieksekusi , contoh yang paling sering digunakan ketika ketika kita ingin camera mengikuti gerakan pemain.

Contoh :
void LateUpdate(){
transform.Translate(0, Time.deltaTime, 0);}

Void FixedUpdate

FuxedUpdate ini hampir sama fungsinya dengan method void Update(), perbedaannya adalah void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate() lebih fokus ke perubahan fisik pada objek. misalnya fisik rigidBody, collider, dll

Contoh :
void FixedUpdate(){
rb.AddForce(10.0f * Vector3.up);
}

Method dalam Unity3D – Unity C# Tutorial-1 Method dalam Unity3D – Unity C# Tutorial-1 Reviewed by NCEP Studio on Februari 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.