Cara Menampilkan Dokumen PDF di Blogspot

Cara Menampilkan Dokumen PDF di Blogspot
Sebuah website yang mengkhususkan share dokument biasanya saat kita ingin mendownload dari website tersebut, sebelumnya akan ditampilkan sebagian atau keseluruhan isi dari dokumen tersebut. Sebutlah salah satu yang populer seperti slideshare.

Nah, pada kesempatan ini saya coba share bagaimana menampilkan & menyematkan dokumen berjenis PDF di post atau di halaman Blogger. Sebenarnya banyak cara, namun menurut saya ini adalah cara termurah dan termudah ...hehehe.

Untuk menampilkan dokumen/file PDF di halaman posting Blogger, tentu kita harus mengupload dahulu file PDF yang akan kita tampilkan ke suatu jasa penyedia hosting. Pada artikel ini saya meng-upload sekaligus men-seting di hosting gratis tempat menyimpan file di Google Drive. :)

Baiklah, saya anggap teman-teman telah mengupload file PDF ke Google Drive. Langkah selanjutnya silahkan ikuti tutorial sederhana ini.

1. Buka Google Drive, lalu klik kanan file PDF yang akan ditampilkan. Kemudian pilih "Bagikan".
Cara Menampilkan Dokumen PDF di Blogspot

2. Akan tampil opsi pengaturan bagikan pertama seperti gambar dibawah ini. Tinggal klik ajah "Lantjutkan"
Cara Menyematkan Dokumen PDF di Blogspot
3. File yang di uplod ke Google Drive defaultnya bersifat pribadi. Jika kita ingin menampilkan di halaman post maka harus dirubah ke Publik/Umum. Pada dialog Setelan berbagi langsung ajah di klik "Ubah". Kemudian pada dialog Berbagi Link pilihlah klik " Aktif-Publik di Web"

Cara Memperlihatkan Dokumen PDF di Blogspot


Cara Menampilkan Dokumen PDF di Blogger

 4. Klik "Beres" untuk untuk menyimpan setingan berbagi
Cara Menampilkan File PDF di Blogspot
5. Kini file PDF teman-teman telah berubah menjadi publik. Langkah selanjutnya adalah kembali klik kanan di file tersebut, kemudian pilih "Pratinjau"

Cara Menampilkan File PDF di Halaman Blog
6/ Akan tampil pratinjay dari file PDF tersebut. Klik titik tiga pada pojok kanan atas, lalu pilih "Buka di jendela baru"

Cara Menyematkan File PDF di postingan blogger

7. Browser akan otomatis membuka jendala baru. Kembali klik titik tiga di pojok atas, lalu pilih "Sematkan Item"

Cara Menyematkan Dokument  PDF di postingan blogger

8. Pada kotak berisi kode HTML, blok lalu Copy (Crtl+C) kode skrip tersebut. Kode inilah nanti yang akan di sematkan di halaman post blogger kita.

Cara memperlihatkan Dokumen  PDF di postingan blogger

9. Buka post atau halaman yang akan disematkan tampilan file PDF. Lalu beralih ke mode pengeditan HTML. Lalu pilih/klik dimana posisi/baris  file PDF akan ditampilkan. Pastekan dengan Ctrl+V

Cara menampilkan dan Menyematkan File PDF di blogger
10. Untuk meluhat hasilnya, beralih kembali ke Mode "Compose".  Maka secara otomatis file PDF kita bisa di tampilkan/disematkan dihalaman post blogger. Simpan atau pratinjau dahulu sebagai draf. Jika semua telah siap maka teman-teman bisa coba publish. Gimana hasilnya? Bisa?...heheheh

Cara menampilkan dan Menyematkan File PDF di blogger

Demikian artikel mengenai cara menampilkan/menyematkan file PDF dihalaman blogger. Untuk melihat contoh hasilnya, teman-teman bisa buka link artikel berikut ini. Selamat mencaba, semoga bermanfaat.



Walk Mechanism 2 - Bug Climber
Cara Menampilkan Dokumen PDF di Blogspot Cara Menampilkan Dokumen PDF di Blogspot Reviewed by NCEP Studio on Februari 14, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. terima kasih. Sangat membantu.

    Silakan mampir ke marnulis.blogspot.com untuk melihat bagaimana ilmu yang Anda bagikan telah diterapkan. BarakAllah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barokallohu fik. Senang bisa membantu. Semoga tambah barokah. AMin.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.