Kupas Tuntas Skrip Plugin SketchUp KSI Ruang Otomatis – Bagian: 1 Umum


Kupas Tuntas Skrip Plugin SketchUp KSI Ruang Otomatis – Bagian: 1 Umum
Artikel sebelumnya kita telah membahas File Skrip Loader dari Plugin ini. Nah.. sekarang mari kita coba fahami gambaran umum dari File Skrip utamanya.

Agar teman-teman cepat memahami, sebaikanya sambil latihan dengan Ebook Ruby yang saya share di grup WA.

Secara umum, struktur koding dari skrip utama ini adalah sbb:
1. Inisialisasi sekuritas. Ini sudah kita bahas di Grup WA... hehehe.
2. Inisialisasi prosedur & method perintah, toolbar, menubar, GUI & Dialog Box
3. Inisialisasi pembuatan penentuan Kelas-kelas utama plugin. Didalam kelas ini berisi kumpulan method, prosedur & fungsi untuk memudahkan kita dalam proses koding. Sehingga kita tidak perlu selalu menulis ulang skrip yang sama. Cukup memanggil fungsi & prosedur dengan parameter tertentu dari kelas-kelas yang telah kita buat. Kelas ini terdiri dari:
a. class NcepKSI : Berisi banyak variabel, konstanta, fungsi yang selalu digunakan. Juga berisi perancanga GUI, Dialog Box, ToolTips, dll. Dalam kelas ini juga berisi fungsi-fungsi IO file, pembacaan file opsi, dll
b. class NcepMouse : Nah ini wajib kudu dikuasai banget. Di kelas inilah letah hampir semua algoritma & logika pemograman. Ya..karena plugin yang kita buat adalah plugin menggambar yang banyak menggunakan mouse & keyboard. Di sini juga kita banyak menerapkan kelas-kelas utama dari Ruby API SketchUp. Hampir semua fungsi menggambar saya simpan di kelas ini.

4. Inisialisasi fitur tambahan : Di tahap ini kita menyertakan skrip file terpisah dari luar skrip utama(Auto Pushpull & Auto Tris). Tujuannya adalah agar lebih mudah & mensederhanakan logika fitur tambahan.

Deimikian gambaran umum file skrip utama dari Plugin KSI Ruang Otomatis ini. InsyaAlloh kita kan bahas secara umum juga dari tahapan-tahapan di atas.

Terima Kasih.
Kupas Tuntas Skrip Plugin SketchUp KSI Ruang Otomatis – Bagian: 1 Umum Kupas Tuntas Skrip Plugin SketchUp KSI Ruang Otomatis – Bagian: 1 Umum Reviewed by NCEP Studio on Januari 18, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.