Review & Mencoba Twilight Render V.2 for SketchUp

Review & Mencoba Twilight Render V.2 for SketchUp
Twilight Render V2 menyediakan versi free yang lumayan lengkap fiturnya untuk mengubah model SketchUp Anda menjadi gambar foto-realistis. Sebagai sebuah plugin render Twilight menyediakan fitur pengaturan material, lighting/pencahayaan, enviroment, bahkan sampai ke animasi & fitur post processing agar hasil render anda Realistik. Menurut saya cukup lengkap untuk sebuah plugin render. Kelebihannya yang tak kalah penting adalah freeware alias gratis.

Template Material

Ini merupakan fitur favorit saya atau mungkin Anda juga. Twilight menyediakan sangat lengkap material. Dari mulai kayu, lantai, kaca, logam. cat, dll. Menerapkannya juga sangat sederhanan & mudah. Semudah setting material di Sketchup.
Template material twilight rendre

Template render twilight

Template Render Photo Realistik

Seperti kita ketahui, di render engine lain untuk setting parameter render yang kita inginkan cukup memakan waktu yang lama. Walau sudah disediakan template default, namun tidak sebanyak template seting yang disediakan Twilight. Berikut adalah beberapa metode & setting rendernya. Anda juga bisa memilih mulai dari tingkat low res sampai Hi-res. Kita bisa mencoba satu persatu. Setelah mendapatkan hasil terbaik, maka simpanlah setingan tersebut untuk project render berikutnya. 
  • Ray Tracing
  • Photon Mapping
  • Path Tracing
  • Bi-directional Path Tracing
  • Metropolis Light Transport
  • Clay, Depth, Alpha Mask, and more

Render objek yang dipilih

Tidak hanya template seting. Tapi twilight juga menyediakan fitur render untuk objek/geometri tertentu dalam layak kerja Skechup. Misalnya dalam sebuah interior anda hanya ingin merender furnitur saja dulu, maka anda tinggal menandainya lalu render. Tidak perlu menghide atau menonaktifkan layer SketchUp.

Kamera Yang Intuitif

Camera Twilight Render
Twilight mampu merender persis apa yang Anda lihat di SketchUp Perspektif, Isometri, silindris, bulat, dll. Di render lain kadang sulit mendapatkan aspect ratio yang tepat. Camera hasil render tidak sama dengan tampilan layar kerja sketchup. Di Twilight hal tersebut tidak perlu terjadi.

Pencahayaan & Lampu

Pencahayaan & Lampu Twilight Render
Pencahayaan ini adalah hal yang tak kalah penting dalam menciptakan sebuah hasil render yang realistik. Tidak usah kuatir dengan pencahayaan, Twilight menyediakan banyak model & type pencahayaan. 

  • Point / Omni-directional
  • Spot dengan hotspot dan falloff
  • Proyektor Gambar
  • IES (Fotometrik)
Disediakan juga template material yang sudah di seting sebagai Cahaya. Anda tinggal memilihnya di koleksi material cahaya Twilight

Lingkungan, Matahari, & Langit

  • Langit Fisik bekerja secara otomatis dengan mengubah waktu dalam sehari
  • HDR / IBL High Dynamic Range Spherical Sky
  • Warna Langit
  • Pencahayaan Berbasis Gambar Bulat / Belahan Gambar (jpg / hdr)
  • Pencahayaan Proyeksi Probe HDR
  • Mudah konversi antar jenis
Lingkungan, Matahari, & Langit Twilight Render

Semua editor dapat diakses langsung dari toolbar Twilight Render, dan banyak fitur mudah tersedia dari salah satu menu konteks SketchUp. Twilight memanipulasi data langsung dari SketchUp, memberikan akses langsung ke lampu, Layer, Sceen, dan material. Semua data Twilight tersimpan tepat di dalam file Model SketchUp, jadi Anda tidak akan pernah kehilangan seting render apapun saat file model anda buka kembali. 

Pokoknya render ini sangat sederhana tapi punya kekuatan yang luar biasa dibanding render lainnya. Banyak lagi fitur yang dimiliki, sperti perhitungan layering dan Fresnel Ramp yang lebih tinggi, material yang se realistik aslinya. pemetaan BUMP/benjolan, tembus pandang, dan refleksi buram terbaik yang ada.

Demikian review saya mengenai render Twilight render ini semoga bermanfaat.
Review & Mencoba Twilight Render V.2 for SketchUp Review & Mencoba Twilight Render V.2 for SketchUp Reviewed by NCEP Studio on April 07, 2018 Rating: 5

8 komentar:

  1. Kalo twilight+vray diinstall di satu skethup gak papa master?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah om. Lebih ringan, sederhana. Sesuaikan dengan versi SketchUp. 32 atau 64bit.

      Hapus
    2. bisa buat sketchup 2017 gak?

      Hapus
  2. Makasih artikelnya kakak. Saya juga user twilight kak, benar-benar mudah secara pemakaian dan pengaturannya. Hanya saja saya belum menguasai semua kategori pengaturannya... Semoga makin mantul web nya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kakak. Semoga bisa bermanfaat ya kak. :) jangan lupa like, share & subscribe. heheheh.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.