Penyebab dan cara mengatasi Bug Splat pada SketchUp

cara mengatasi bug splat pada SketchUp
Bug Splat umum ini sering dialami bagi pengguna SketchUp. Saya pun suka mengalaminya saat kasus-kasus tertentu dalam pemodelan menggunakan SketchUp. Berikut adalah pengalaman saya & beberapa kasus teman-teman lainnya yang saya rangkum menjadi 10 point. Cekidot

Penyebab - 1 : Salah comot dari gudang

Cara Mengatasi Bug Splat - Salah comot file & polygon besar dari gudang 3D warehouse
Sering comot dari gudang 3D Warehouse? Ya ini penyebabnya jika anda tidak memperhatikan jumlah poligon model yang dicomot dari gudang 3D Warehouse. Satu objek vas bunga lengkap dengan bunga yang warna-warni bisa jadi jumlah poligonnya 10x lipat model ruang tamu yang sedang anda disain.
Solusi: Pilih model  terkecil yang akan di download dari gudang. Baik jumlah poligon & size filenya. 3D Warehouse sudah menyediakan fitur ini. Ada di sebelah kiri untuk mem-filter model yang akan anda Download. Sebisa mungkin saya cari model dengan jumlah poligon dibawah 1K(low poly) degan size file dibawah 1 MB (Low File Size). Jika terpaksa mungkin akan pikir-pikir dulu juka harus mencomot model dari gudang dengan Ukuran file 5-10MB...wkwkw.

Peneyebab - 2 : Salah modeling

Cara menghilangkan  Bug Splat
Masih berkaitan dengan penyebab 1. Ini total bicara total keseluruhan jumlah poligon dalam proyek modeling anda. Salah pemodelan, tidak membuat grup/komponen, tidak melakukan pembersihan secara teratur dalam proses modeling bisa berakibat fatal. Saya mulai merasa jengkel & kesulitan jika dalam satu projek modeling jumlah Polygon sudah melebihi 150K - 200K. Belum lagi material & texture yang besar & hires. Inilah penyebab Bug Splat saya umumnya.

Solusi : 
Kurangi jumlah poligon model anda. Banyak plugin utilitas untuk memperkecil jumlah poligon selain dengan fitur bawaan Purge Component SketchUp. Hati dalam modeling tidak membuat grup & komponen di beberapa model bisa membuat bengkak size 5 - 10x lipat.

Penyebab - 3 : Material 

Cara memperbaiki Bug Splat - Texture yang ringan untuk material sketchup
Material memang menjadi salah satu fokus utama jika model yang anda buat akan di sajikan dalam 3D Rendering. Tentu harapan semua pemodel ingin realistik & JossWoow hasilnya. Tapi kadang tidak mengukur kemampuan mesin rendernya. Contoh : menurut saya sangatlah berlebihan & mubazir jika anda impor material format JPG/PNG dengan ukuran 2048 X 2048px, Res 95dpi, file size 4MB... wow.. itu baru Difuse saja. Belum untuk BUMP, HeighMap,dll. Kadang satu material bisa terdiri dari 3-6 texture. Silahkan kalikan..wkwkw
Sekarang mari kita bandingkan dengan material default kayu ini yang sudah sediakan SU dari mulai zaman old sampai zaman now. Berapa ukurannya...? Ternyata cuma 256 X 256px, 85dpi, 18KB. Coba bandingkan. Berapa kali lipat dari material diatas? hahaha....

Solusi :
Cari material dengan size kecil & resolusi sesuai kebutuhan. Jika terpaksa tidak ketemu di simbah Google. Cobalah anda Resize & turunkan resolusinya, lewat  lewat Software sederhana seperti Window Paint, Picasa atau GIMP yang free. Tidak usah pakai software canggih seperti PhotoShop, Corel, AI atau lainnya.
Kurangi jumlah material, hapus duplikat material yang tidak perlu. Jika terpaksa saya maksimal hanya berani menggunakan 25-35 material. Karena jika kebanyakan kita juga akan pusing sendiri, apalagi jika material tersebut tidak di beri nama. Bakal keder saat anda set di Render Engine.

Penyebab 4 : Bayangan & Style

Sebelum di render kadang kita perlu mengatur waktu & arah matahari agar efek bayangan hasil render sesuai dengan yang kita harapkan. Saat model sangat komplek ini akan menjadi hal yang membuat kita jengkel. SketchUp jadi sangat berat sekali dengan diaktifkannya Shadow. Saya sering mengalami crash, hung & muncul bugsplat.

Solusi : 
1. Beralihlah ke Style Hidden line atau monochrome saat anda sedang melakukan seting bayangan
2. Hide Objek, Komponen, layer yang tidak terkena bayangan. Ini tidak perlu karena efeknya sama saja dengan objek lain yang separuh terkena bayangan & separuh lagi tidak. Jangan lupa unhide/aktifkan kembali layer jika sudah selesai mengatur bayangan.
3. Jangan pakai styel macam2 yang tidak jelas tujuan & maksudnya. Selalu save & open dalam mode wireframe agar file SU anda tetap ringan.

Penyebab 5 : Objek Tersembunyi yang besar

Ini terjadi jika kita tidak sadar & lupa meng-unhide objek atau geometri. Atau bisa juga karena impor dari gudang. Apakah kita yakin model dari gudang itu semuanya di show?. Beberapa model yang saya download justru menyembunyikan model lainnya. Maka jadilah semakin bengkak model kita. Sering dialami juga karena salah dalam menghirarki.menyusun grup/komponen. Saat kita melakukan hide dalam grup/komponen, maka proses unhide juga harus dilakukan dalam proses edit grup komponen tersebut. Akan percuma meng-unhide All/Last jika sudah keluar dari edit grup/komponen. Waspadalah...waspadalah...wkwkw
Solusi : 
1.  Pastikan tidak ada satu sedikitpun objek geometri yang tersembunyi dalam model Anda yang tidak Anda sadari (terutama jika Anda mengimpor komponen dari gudang 3D warehouse). 
2. Untuk memperlihatkan objek tersebunyi lakukan Unhide All. Perhatikan grup/komponen mana objek tersebut di sembunyikan.
3. Bisa juga anda mengakses Menu View> centang/pilih "Hidden Geometry".

Penyebab 6 : Plugin

Penyebab Bugsplat - Terlalu banyak plugin
Nah yang satu ini bukan hanya penyebab Bug Splat. Tapi sering menjadi penyebab Crah, hung & Error lainnya. Akan terus muncul di awal startup SketchUp. Kadang kita kita musti mengklik beberapa kali untuk menutupnya. Sungguh menjengkelkan. Beberapa kasus karena SU Krekan & plugin krekan. Lebih  sering adalah karena sudah tidak sesuai/kompetibel dengan versi SketchUp yang di install.

Solusi:
1. Jika error muncul di awal StartUp. Luangkan waktu untuk membaca & mencatat info Error yang di tampilkan. Lalu bukalah Preferences/Plugin Manager untuk menhapus plugin-plugin yang menjadi penghambat startup.
2. Sesuaikan & update plugin anda sesuai versi SU. Biasanya si pembuat plugin di Extention Warehouse menginfokan update & untuk versi SU berapa saja plugin cocok. Jangan memaksakan jika tidak bisa di install...hehehe. 
3. Vray plugin sering mengakibatkan Crash & Bug Splat. Sebagian kasus karena Krekan, Namun banyak kasus karena beratnya material, lighting, Sub Div, Output Res, dll. Cobalah turunkan nilainya menurut kemampuan Mesin Render anda. Jangan asal pakai Visopt yang download. Lihat dulu & sesuaikan. Visopt yang di buat untuk PC yang super ngacir, lalu kita terapkan di PC seperti odong-odong punya saya... dijamin Mlehoy.... hahaha.

Barangkali 6 itu saja yang menurut kami penyebab bugsplat pada sketchup. Mungkin banyak penyebab lainnya. Jika ada kesalahan mohon maaf & silahkan masukan koreksi Anda pada kolom komentar. 

Silahkan juga baca artikel dibawah ini yang erat kaitannya:

Penyebab dan cara mengatasi Bug Splat pada SketchUp Penyebab dan cara mengatasi Bug Splat pada SketchUp Reviewed by NCEP Studio on Maret 22, 2018 Rating: 5

26 komentar:

  1. Cara mengatasi masalah no 6 gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. No 6 itu sudah sy infokan sedikit solusinya. Kadang memang API Ruby sebagai dasar sumber pembuat coding plugin tidak compatible dengan versi sketchUp. Makanya penting mengetahui bahwa plugin tersebut diperuntukan untuk versi skp berapa. Sebaiknya buang saja plugin2 yang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali. Karena disamping berakibat bugspalt juga terkadang memakan ram jika size plugin besar.

      Hapus
  2. klo modelnya import dr autocad ... materialnya gak muncul (munculnya didalam) ... tu gmn cara ngatasinya ... ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya Sketchup mampu import material AutoCAD. UTamanya Hanya line & face. Kadang dalam format 3D sulit untuk di esit/modifikasi.

      Hapus
    2. Download disini:
      https://www.nceptutorial.com/2020/07/download-pluginextension-sketchup-save.html

      Hapus
  3. saya mau bertanya mas, saya barusan install sketcUp, begitu dibuka lgsg keluar bugsplat. sudah saya isi dan send error reports. tapi tidak pernah berhasil. mohon bantuannya. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika semua persyaratan hardware & software telah terpenuhi sesuai minimal yg disarankan Sketchup, kemungkinan terbesar adalah file2 yg terinstall korup/rusak.
      Bisa juga karena ada file aistes SKP yg terhapus.
      Pastikan bukan software crack karena berpotensi virus.
      Coba install versi Make/free dahulu.

      Hapus
  4. Error Loading File vfs.rb
    Error: #
    C:/ProgramData/SketchUp/SketchUp 2016/SketchUp/Plugins/vfs.rb:92:in `ensure in '
    C:/ProgramData/SketchUp/SketchUp 2016/SketchUp/Plugins/vfs.rb:92:in `'

    mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. File vfs.rb adalah file pendukung Vray render. Coba lewat windows explorer masuk ke folder dimana plugin2 disimpan. Hapus plugin vray atau uninstall vray. Jika tidak berhasil masuk ke folder yg tertera di info error tersebut. Hapus secara manual file vfs.rb tersebut(Dengan catatan Vray sudah di uninstall). Kemudian coba install lagi Vraynya.

      Hapus
  5. Mau tanya knapa file sketchup saya kalo dsave selalu muncul ttd fix later yah.?
    itu penyebab nya knpa yah.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modelnya rusak. Bisa akibat salah modeling atau akibat file corrupt. Coba di fix ajah langsung . Atau gunakan plugin sy Save++. Fungsinya menyimpan file sekaligus membersihkan model sekaligus memperbaiki model yg error.

      Hapus
  6. gan mau tambah material di sketchup versi 8 gimana caranya ya? udah coba download dari beberapa sumber tapi ngga ngebaca. saya udah instal beberapa sketcj dari yang make 2017 sampe pro 2020 ngga bisa mulu, alhasil pake yang versi 8 berhasil, tapi gabisa tambah material

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai gambar umum ajah. Format material sketchup adalah berextensi *.skm. Sebenarnya bisa buat sendiri di SketchUp kemudian di save dijadikan koleksi. Langkah selanjutnya tinggal tambah dari Tray material(Ikon bentuk panah sebelah kanan) Open or Add location, lalu Add Collection. InsyaAlloh akan sy buat tutor lengkap yg lebih detail jika sempat. Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog gado2 sy ini.. :)

      Hapus
  7. mau tanya, kan biasanya saya render pakai vray. nah beberapa minggu ini setiap mau ngerender itu vray tidak bisa digunakan dan selalu keluar sendiri sketchupnya.. itu karena apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sy sudah tidak menggunakan VRay. Tapi dari beberapa pengalaman sy selama menggunakan VRay, kebanyakan penyebabnya adalah dari model & setigan2 Vray sendiri yg melebihi kemampuan mesin. Misalnya model terlalu besar atau subdiv, IOR, & nilai seting VRay lainnya yg terlalu tinggi.
      Untuk mengujinya perlu experimen kecil. Coba buat sebuah model sederhana. Misalnya sebuah kubus. Lalu beri material standar bawaan skp. Lalu coba render dengan opsi render default juga. Jika lancar & normal maka penyebabnya adalah seperti yg sy uraikan diatas.
      Jika model sederhanan dengan material sederhana & setting default vray terjadi bugsplat/force close kemungkinan vraynya yg korup/rusak karena beberapa hal.
      Semoga bisa membantu :)

      Hapus
  8. pada saat render dgn vray 3.4 kok objek hilang !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu penyebab objek hilang saat render bisa jadi karena salah face. Pastikan di Vray material aktifkan opsi doble face. Meskipun opsi ini akan membuat proses render lebih lama. Sebaikanya atur face di sketchup sebelum di render. Cobalah beralih ke style monochrome agar dapat membedakan mana face yg terbalik. Klik kanan pada face yg terbalik, lalu pilih reverse face.
      Penyebab lain juga bisa jadi modelnya error/rusak. Cobalah di purge atau di fix dahulu sebelum di render.

      Hapus
  9. assalamualaikum ka mau tanya

    saya kan install vray next 4.0 ya, tapi ko saya sering FC kenapa ya ka

    mohon jawabannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya FC=force connect atau apa ya? Saat install atau saat merender? Banyak kemungkinan penyebabnya. Salah satunya adalah karena crack/jamu gendong..hehee. coba dinon-aktifkan anti virusnya. Karena 99% jamu gendong terdeteksi sebagai virus/malware/trojan

      Hapus
  10. Mau tanya min, setelah saya install langsung muncul sketchup eror bug splat, itu mengatasinya gimana min? mohon bantu jawab untuk pemula. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di infokan versi OS & versi sketchup yg di install.
      Banyak kemungkinan lain selain yg sy tulis di atas. Mungkin netFramework, openGL graohics, file hasil installer corupt, dll.

      Hapus
  11. terima kasih ilmunya, saya coba dulu, soalnya saya juga kaya gini maasalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba. Semoga masalahnya dapat teratasi. Silahkan komen kembali jika masalah belum teratasi.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.