Cara Merakit PC yang cerdas untuk 3D Modeling & Rendering - Bagian 2

Cara Merakit PC yang cerdas untuk 3D Modeling & Rendering - Bagian 2
Pada bagian-1 kita telah membahas pengaruh OS, Software 3D, Plugin, anti virus yang mungkin berpengaruh terhadap proses rendering. Kami tempatkan di bagian satu agar anda yang sudah memiliki PC rendering memadai tidak perlu Upgrade atau mengganti PC, cukup dengan merapihkan system seperti yang di uraikan di bagian-1.  InsyaAlloh akan terasa perbedaan saat proses modeling & rendering.

Nah.. pada bagian-2 ini mari kita coba berikan gambaran umum mengenai memilih part/komponen PC agar sesuai dengan kebutuhan & budget anda. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa pekerjaan 3D modeling & Rendering adalah proses yang harus di dukung dengan komputer yang memadai. Ini pun tergantung dari kelas, skala besar kecilnya proyek 3D model, kompleksitas, output resolusi & aspek lainnya. 

Contoh: Jika anda mengelola suatu perusahaan di bidang konsultan perencanaan Arsitektur tentu anda musti memilih kelas pengguna PC yang tinggi karena frekuensi pekerjaan modeling & rendering sering di lakukan. Juga untuk menjaga pelayanan yang cepat bagi para client/owner anda.
Lain halnya jika anda seorang Pelajar SMK, Kuliah atau hanya sekedar ingin belajar 3D modeling & rendering. Tentu sangatlah pemborosan jika anda kelas PC anda ingin menyaingi kelasnya sebuah kantor konsultan perencanaan. Tapi jika anda memang ada budget tentu saja bisa. Nah..bagaimana jika untuk seorang Freelancer seperti saya ini...??? Hehehe... mungkin variasi kebutuhannya tergantung banyak atau sedikitnya job order.

Memilih Part & Komponen PC yang tepat

  • CPU (Central Processing Unit)

Banyak beredar berbagai jenis & merek CPU di toko-toko komputer. Masing-masing memiliki kinerja berbeda, tentu saja harganya juga bervariasi dari termurah sampai termahal.

CPU bukan lagi satu-satunya patokan render anda akan cepat, tapi bisa kita dikatakan bahwa  CPU ini sangat penting. Karena CPU bertugas untuk memproses semua instruksi yang Anda lakukan di komputer.  Jadi memilih CPU yang lebih cepat setidaknya sedikit akan menambah kinerja anda dalam melakukan semua pekerjaan, bukan hanya modeling saja. Juga pekerjaan lainnya.

Saat proses render CPU memanfaatkan core. Sejak muncul Dual Core, Quad Core, Core2Duo sampai seri Core-i dari produk intel ini. Saat ini seri terakhir Core i9-7960X. Dengan jumlah core 16 & thread 32. CPU Intel mungkin bisa menjadi pilihan terbaik karena multi thread yang memungkinkan CPU dapat memproses perintah secara bersamaan. Tapi ada juga CPU AMD Ryzen juga merupakan pilihan juga yang baik, ini tergantung budget & pilihan prioritas anda.
Jika boleh saya sarankan untuk kelas penggunaan rendah maka Core i3 dengan OS Windows 7 sudah cukup memadai. Untuk kelas penggunaan menengah  mungkin Core i5 s/d i7 sudah cukup. Kelas professional tentu mau tidak mau semaksimal mungkin Core-i9 yang harganya cukup #JossKoyorMen... hahah

Note: Memilih CPU erat kaitannya dengan soket mainboard. Harus sesuai  Tipe varian LGA nya 

  • Kartu grafik (VGA Card)

Pusat perhatian para 3D modeling & rendering mayoritas fokus ke komponen ini. Memang betul jika yang komponen lainnya  imbang & adil maka VGA inilah jika boleh saya katakan sebagai Gas akselerasi utama supaya modeling & rendering ngacir....hehehe.
Dengan adanya teknologi chips GPU - Graphics Processing Unit, (bukan Gosok Pijat Urut..wkwkk)  di beberapa kasus render bisa meningkatkan  10x lebih cepat. Ini pun jika sudah tersedia si GPU ini pada VGA card anda.

Banyak merek VGA, tapi saya sarankan Anda gunakan kartu grafis NVIDIA. Saya bukan salesnya, tapi saya memang sejak dulu menggunakannya. Walaupun saat ini saya masih menggunakan yang jadul Nvidia GT630 1GB ( sudah Support CUDA dengan jumlah 192 cores)   masih lumayan untuk render banyak material & Objek. Ya rata-rata 20 - 30 menit. Tidak ber jam-jam seperti dialami teman-teman lain saat render...hehehe

  • Teknologi terbaru CUDA(Compute Unified Device Architecture) memiliki kinerja lebih baik dari Teknologi OpenCL milik AMD)
  • Juga mendukung teknologi OpenCL milik AMD
  • CUDA hanya terdapat pada VGA Nvidia


Seri GTX 1050 Ti mungkin pilihan untuk kelas penggunaan rendah & sedang. Pengguna Profesional & para master 3D mungkin ga ada salahnya mencoba seri TITAN V ini... Serem saya lihat harganya...hahaha.

  • RAM

RAM ini yang masih banyak salah asumsi juga. Menurut saya RAM adalah prioritas No 3 bukan no 1 untuk komputer yang di gunakan kebutuhan modeling & rendering. Jangan anda kira dengan menambah RAM proses rendering anda akan ngacir. Walau memang ada sedikit  perubahan tapi tidak akan terasa jika anda tidak fokus juga pada VGA & Processor.

Menurut saya RAM sangat kerasa jika kita bekerja dengan banyak program atau banyak jendela yang dibuka. Contoh: Anda membuka SketchUp dalam waktu yang bersamaan anda juga membuka PhotoShop atau MS Word sambil mendengarkan lagu MP3. Nah..jika RAM anda minim maka OS Windows akan otomatis menggunakan Virtual Memory membentuk sebuah Paging File dengan memanfaatkan sisa space HDD anda. Jika HDD anda low maka bisa saja terjadi Crash/Hung. Komputer berhenti merespon karen RAM tidak mendukung.

Untuk software modeling tertentu sudah merekomen berapa syarat RAM sebaiknya tertancap di Mainboard anda. Sebaiknya anda musti pertimbangkan dengan software2 lain yang biasa anda buka secara bersamaan. Jika anda membuka Kalkulator atau Notepad tentu tidak akan berpengaruh. Tapi jika anda membuka aplikasi lain yang berat/besar. Sebaiknya RAM ini di perhatikan. Silahkan anda baca pada Bagian-1 detainya.

Pastikan Anda memiliki setidaknya 4 s/d 8 jika abda sering kali bekerja membuka program secara bersamaan. Karena saat itulah Komputer anda akan sangat rakus memakan RAM. Pilihlah RAM yang handal. Saya sarankan  Vigen (lifetime warranty) atau Kingstone. Jika anda terpaksa ingin menambah RAM, perhatikan juga apakah support dengan Mainboard anda.

Awalnya saya menggunakan 16GB Ram. Karena kadang saya membuka jendela program sering kali bersamaan. Saat MB ASUS saya lelah & rusak karena sudah 4 tahun di pakai. Maka saya mengganti MB dengan hanya mampu menampung 4GB Ram, Maka saya biasanya membatasi diri membuka banyak Program secara bersamaan.

Untuk kelas penggunaan rendah saya rekomen 4 GB RAM.

Waduh..baru 3 Komponen ya... Tapi itulah 3 komponen yang saya anggap harus di prioritaskan saat anda ingin merakit PC untuk kebutuhan 3D modeling & Rendering. Sebenarnya ada yang ke 4 juga perlu prioritas. Dimana semua komponen/part tersebut nancep di sini, yaitu Mainboard (Motherboard). InyaAlloh saya lanjutkan di bagian ke-3...hehehe.

Silahkan Baca Juga:



Cara Merakit PC yang cerdas untuk 3D Modeling & Rendering - Bagian 2 Cara Merakit PC yang cerdas untuk 3D Modeling & Rendering - Bagian 2 Reviewed by NCEP Studio on Maret 20, 2018 Rating: 5

6 komentar:

  1. lanjut mas, bagus sangat membantu buat low budget modeling dan render

    BalasHapus
  2. budget nya brapa ya dgn spec spt itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. om bisa memilih paket yg ada di situs rakitan.com atau coba pilih part/part agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan performa & kantong.. hehehe

      Hapus
  3. Suwun mas, sangat berguna

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.