Cara mempercepat render di SketchUp dengan Vray

Cara mempercepat render di SketchUp dengan Vray
Masalah lamanya waktu merender adalah masalah klasik yang sering kita temui dalam finishing hasil modeling kita. Apalagi seperti saya yang masih menggunakan mesin (komputer) render kelas rendah. Spesifikasi komputer saya bisa dibilang kelas odong-odong,  Core2Duo, 4GB RAM, 2GB VGA. Makanya saya coba cari tau penyebab lamanya render. Sebagian dari pengalaman sendiri sebagian kata teman-teman, sebagian lagi boleh cari di simbah gugel yang belum saya alami..wkwkw

Tapi sebelumnya sangat penting untuk membaca artikel ini sebelum anda mulai menekan tombol "R" Vray. Karena dari artikel yang saya rekomen ini, di beberapa kasus render saya bisa meningkatkan 30-50 % kecepatan render Vray. Ini dia artikel yang harus anda baca. Setelah selesai baca ini silahkan lanjut praktekan artikel tulisan ini.

10 Tips Agar Sketchup Lebih Ngacir

Penyebab dan cara mengatasi Bug Splat pada SketchUp

Cara menyimpan & membuka file SketchUp yang ukuran filenya besar

Cara Merakit PC yang cerdas untuk 3D Modeling & Rendering - Bagian 1

Cara Merakit PC yang cerdas untuk 3D Modeling & Rendering - Bagian 2

Sudah dibaca? Hahaha ya sudah atuh jika belum baca semuanya mah. Minimal anda sudah membacar 10 Tips Agar SketchUp Lebing Ngacir... :). Langsung saja silahkan praktekan satu  persatu trik ini. Coba beberapa dulu sang sejenis, lalu coba render.

  1. Kenali Mesin Render/Komputer/laptop anda. Pelajari VGA, RAM, Processor & MB anda. Lalu buka setingan RTengine anda Pilih opsi OpenCL, CUDA. Salah jika anda mengunakan RT CPU padahal GPU VGA anda jauh lebih canggih. Kecuali terbalik keadaannya. 
    Cara cepat render vray - RTengine setting
  2. Ini sering saya sampaikan di grup WA untuk selalu mematikan semua aplikasi & program yang berjalan di background windows yang tidak kelihatan. Contoh antivirus, utility tweak, atau mungkin saya akan matikan koneksi internet & firewall saat  saya merender (malah kadang saya tidak menginstalnya sama sekali.). 

    Cara mempercepat render - Kondisi CPU
    Kondisi CPU sebelum Render dimulai

    Cara mempercepat render - Kondisi CPU saat render
    Kondisi CPU saat proses Render 
  3. Jika anda terbiasa melakukan kerja lain sambil menunggu rendering, sebaiknya pikirkan untuk berpindah ke PC/laptop lainnya. Jangan ganggu PC yang sedang render jika tidak ingin hung & makin lama rendernya.
  4. Jangan terlalu banyak subdiv pada bayangan Anda (sebisa mungkin saya tidak lebih dari 8).
    Kondisi CPU saat render - setting shadow subdivs
    Setting shadow subdivs < 8
  5. Jangan gunakan tekstur dengan resolusi Gede banget alias raksasa. Yaitu. Jika Anda membuat gambar akhir Anda pada 1024px, Buat apa anda menggunakan satu texture dengan ukuran diatas 1024. Malahan mah saya akan gunakan 1/10 atau bila perlu 1/5 dari output hasil yang saya inginkan. 
  6. Bijaksanalah dalam menggunakan material. hindari menggunakan terlalu banyak kilau shinny & glossy. Gunakan difuse sederhana, bump, displacement dan refleksi. Juga sebaiknya coba gunakan material yang Anda buat sendiri daripada material siap pakai punya orang yang kita download.  Ini akan menyesuaikan & memiliki kontrol yang lebih baik pada proses render kita. Pada contoh berikut ini saya hanya menggunakan kurang dari 10 material yang menggunakan refleksi, glossy atau shinny. Juga dengan texture kecil. 
    Cara mempercepat render Vray - setting material
    Render dengan sedikit material  glossy
    Contoh dibawah ini belakan kaca bukan sebuah enviroment HDRI tapi hanya sebuah photo/gambar dengan size kecil. Saya mikir 1000X lagi jiga untuk sebuah interior saya gunakan file HDRI dengan ukuran 200MB... wow.... buat apa?....wkwkwk

    Cara mempercepat render Vray - setting HDRI
    Belakang kaca bukan HDRI, tapi bitmap dengan size kecil 
  7. Caustics adalah paling rakus memakan waktu render. Ya saya sarankan jika menggunakan ini Anda kudu siap-siap render sambil makan dan minum atau bahkan tiduran dulu sampai render selesai.
  8. Terlalu banyak pasang lampu, IES juga dapat menyebabkan pemborosan waktu render yang  berlebihan. 
  9. Saya akan berpikir 1000X jika saya harus menempatkan model 3D manusia. Coba pikir & anda lihat berapa size & jumlah poligon 3D orang yang realistik. Wow fantastik bukan. Kenapa anda tidak pasang saja Cut Out image format PNG dengan resolusi kecil. Ini sangat menghemat GPU & CPU berkali lipat.
  10. Berhati-hatilah terhadap refleksi glossy dan material yang buram .. (case to case basis)
  11. Post Pro & Editing digital Imaging  adalah pilihan terbaik untuk mempersingkat proses rendering, banyak program canggih yang free & open source seperti GIMP, Krita, Picasa, dll. Atau jika anda ingin pakai lebih canggih lagi dengan Photoshop, After Effects, AI dll..
  12. Konversi Komponen/Geometri ke Proxy - Yess ini adal alat bantu favorit baru saya! Sebuah geometri proxy adalah bagian geometri yang dioptimalkan yang dirancang untuk memuat dan membuat jauh lebih efisien dalam mesin render spesifik seperti V-Ray.
  13. Bitmap Proxies - Proxy bitmap adalah cara yang bagus untuk meminimalkan jumlah RAM yang Anda habiskan di suatu adegan.
  14. Irradiance and Light Cache (simpan ke file), lewati perhitungan saat menggunakan set dan adegan yang sama berulang kali.
  15. Sebelum Anda menempatkan semua shader, pertama-tama cobalah untuk mengganti materi
  16. parameter rendering (switch global) untuk memastikan semua poligon dimodelkan dengan benar untuk pengujian rendering sehingga Anda mengetahui jenis shader yang Anda tempatkan secara individual dan Anda dapat melacak dengan mudah material mana yang mungkin menyebabkan perenderan lebih lama.
  17. Saya lebih suka ADAPTIVE DMC daripada Adaptive Subdivision…
  18. Periksa Parameter Raycast Anda juga ... Seperti render region division, region sequence, dll.
  19. Jika Anda menggunakan mode pemindahan Vray, coba batasi area pemetaan 2d dan siapkan untuk memakan banyak ram.
  20. Gunakan 64bit Max
  21. Anda mungkin ingin memeriksa opsi multi-threading jika Anda menggunakan prosesor ganda.
  22. Gunakan Rendering Region: render hanya yang menarik bagi Anda. Dari waktu ke waktu, periksa shader Anda, verifikasi perbedaan kecil dan cepat temukan hasil yang Anda cari.
  23. Jangan tambahkan efek Glossy. Tambahkan hanya ketika Anda berpikir bahwa adegan itu berfungsi dengan baik.
  24. Geometri - Render dengan banyak objek dan / atau jumlah segitiga membutuhkan lebih banyak memori untuk dirender. Ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah ini: -Menyesuaikan pengaturan penyiar dalam peluncuran Sistem (mengurangi tingkat Maks., Meningkatkan ukuran daun Min., Meningkatkan koefisien Wajah / tingkat dan beralih dari Statis ke Geometri Dinamis).
  25. Buffer gambar - resolusi output yang besar membutuhkan sejumlah besar RAM untuk menyimpan gambar akhir. Saluran G-Buffer tambahan meningkatkan jumlah itu. 
Cara mempercepat proses  render di SketchUp

Nah..itu saja yang sering saya lakukan agar proses render saya bisa lebih cepat tanpa jengkel & kesal saat menunggu. Sejak saya lakukan trik ini saya sering duduk memperhatikan si kotak-kotak yang sedang menyapu model saya. Karena rata-rata model sedang 5 - 10 menit, model berat 20 - 25 menit. Saat ada yang tidak beres saya Stop render atau biarkan saja jika saya nanati mampu memperbaikinya lewat Post Pro Digital Imaging.

Cara & trik diatas sebenarnya bukan untuk render Vray saja melainkan untuk Render Engine lainnya. Istilahnya mungkin sedikit berbeda pada render engine lainnya. Tapi pada intinya sama saja. Tinggal anda mau mencoba untuk trial & error. Kecuali jika anda nyaman dengan lamanya render ber jam-jam... wwkkk. Tentu saja trik di atas mungkin tidak berlaku untuk anda yang memiliki Komputer/Laptop super cepat kelas profesional ... hehehe

Selamat mencoba & semoga sejak anda mencoba & berhasil mempraktekan trik ini, anda tidak perlu tidur dulu menunggu proses render selesai...hahaha.

Cara mempercepat render di SketchUp dengan Vray Cara mempercepat render di SketchUp dengan Vray Reviewed by NCEP Studio on Maret 26, 2018 Rating: 5

23 komentar:

  1. Trimakasih share ilmunya suhu..

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Nuhun kang. Sami-sami. Mugia tiasa manfaat. :)

      Hapus
  3. bsa minta kontak WA nya suhu?? biar gampang kepoin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo gan. Cuma jangan nyesel ya gan. Ane masih kelas PAUD...:)
      0852-80666-009
      0899-0070-146

      Hapus
  4. thx fro sharing jadi pingin belajar vray. itu renderingnya bagus sekali mas. vray berapa ?

    BalasHapus
  5. Tiasa nyungken kontak na kang? Abi nuju di ajar vray hehehe, sugan tiasa sharing sareng akang

    BalasHapus
  6. Tiasa nyungken kontak na kang? Abi nuju di ajar vray hehehe, sugan tiasa sharing sareng akang

    BalasHapus
  7. Di komen anu palih luhur ntos aya tuh... :)

    BalasHapus
  8. Di i3 kotak2 saat render ada 4...
    Di amd a6 cuma ada 2...
    Penyebabnya apa ya bang....pls jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sama2 memakai CPU(processor) saat rendering, maka udah pasti lah. Karena thread di AMD a6 cuma 2, sedangkan core di i3 4 thread.
      Lain halnya jika renderingnya menggunakan GPU (Graphics Processor Unit). Jika sama2 juga jumlah corenya maka i3 tetap akan lebih cepat.
      InsyaAlloh nanti kita bahas mengenai core & thread ini.

      Hapus
    2. Mas..mvidia 820m tidak bisa dipakai untuk render vray 4.0

      Hapus
  9. Mantap kg encep pak abdul mumin

    BalasHapus
  10. Mantap kg encep pak abdul mumin

    BalasHapus
  11. interior/exterior aya beda setingan teu kang...?nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Exterior pada dasarnya sama ajah kang. Cuman exterior lebih dipengaruhi linghting enviromen seperti matahari, warna langit, dll. Relatif sedikit efek glossy tergantung sceen juga.

      Hapus
  12. numpang tanya, caranya tahu proses rendernya selesai belum gimana yah? soalnya kan gak ada semcaem process bar gitunya (vray 3.4 sketchup 2017)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di render Vray ada indikator proses render yg disebut buffer/thread secara default berupa kotak2 kecil(tergantung setingan) yg bergerak 'menyapu layar'. Umumnya juga ada progress bar/prosentase indikator proses render. Di Vray Versi lama 1.8 or 2.0 akan muncul di awal saat render dimulai.

      Hapus
  13. om itu untuk vray versi berapa ?
    sekalian tanya : apakah semakin baru versi vray mempengaruhi kecepatan ?
    karena secara tampilan saja sudah beda sekarang antara versi vray2,0 dengan vray3,0 keatas
    trimakasih Suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu artikel ini dibuat sy menggunakan VRay 2.0. Tapi pada dasarnya tips trik ini bisa di terapkan di versi lebih tinggi. Tidak jadi jaminan versi baru bisa lebih cepat. Malah dari pengalaman akan lebih lama. Karena versi baru biasanya membutuhkan upgrade hardware juga. Sebaikanya baca keterangan system requirement(kebutuhan hardware) saat akan memutuskan install versi baru.Memang perubahan tampilan versi diatasnya berubah total, jadi yg terbiasa 2.0 ketika beralih ke versi 3 keatas akan menjengkelkan pada awalnya karena perubahan tampilan. Tapi lama2 akan terbiasa. Karena pada dasarnya istilah yg digunakan sebagian besar sama.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.