Cara Align Objek Dengan Tools Protactor–Sketchup Tutorial

Objek merah yang akan kita tempatkan pada lubang hijau tidak sejajar & tegak lurus (berantakan) terhadap tiga koordinat bidang utama objek biru XY, XZ & YZ. Secara logika berarti kita harus mensejajarkan satu persatu langkah terhadap ketiga bidang koordinat tersebut. 
Pertama kita sejajarkan dengan bidang XY, lalu XZ terakhir YZ. Gunakan tools protactor untuk memutar objek agar tegak lurus dengan ketiga koordinat bidang tersebut. Berikut adalah cara saya dengan batuan satu objek face agar lebih bisa memahaminya.
Step – 1 : Pindahkan objek
Step – 2 : Buat Bidang bantuan.  Garis diagonalnya tegak lurus terhadap objek merah

Step – 3 : Putar Objek agar tegak lurus terhadap koordinat bidang XZ


Hasil setelah dirotasi. Tegak Lurus terhadap Koordinat bidang XZ. Untuk melihatnya coba beralih ke Camere Front View

Step – 4 : Putar objek agar tegak lurus terhadap koordinat bidang YZ


Hasil rotasi. Cek dengan Camera left view


Step – 5 : Putar Objek agar tegak lurus terhadap koordinat bidang XY
Hosil Rotasi Akhir . Tegak lurus terhadap XY


Untuk memastikan apakah objek merah tersebut sudah tepat & pas terhadap lubang biru. Silahkan gunakan semua Camera view & zoom untuk lebih detail… :)
Mungkin ada cara lebih cepat dengan menggunakan plugin Align atau plugin lainnya. Tapi ini adalah basic agar kita bisa lebih memahami mengenai aksis/koordinat di sketchup.


Cara Align Objek Dengan Tools Protactor–Sketchup Tutorial Cara Align Objek Dengan Tools Protactor–Sketchup Tutorial Reviewed by NCEP Studio on Maret 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.