Cara Mengoptimalkan Shortcut - Tips SketchUp

Cara Mengoptimalkan Shortcut - Tips SketchUp
Menggunakan keyboard shortcut/hot key saat melakukan pemodelan di SketchUp adalah suatu keniscahyaan. Tidak hanya di sketchup, tapi di software-software lainnya. 

Aktif & terbiasa menggunakan shortcut akan meningkatkan kecepatan pemodelan Anda. Konsentrasi tetap fokus pada disain. Anda tidak perlu mencari-cari lokasi icon tool yang mungkin lupa posisinya karena saking banyaknya icon yang di tampilkan.  

Biasakan menekan keyboard L Untuk Line, R(Rectangle), (Push-pull), O(Orbitt), P(Pan) dan seterunya. Daftar shorcut bisa Anda download di sini

SektchUp juga mendukung semua  shortcut standar yang umum/baku ada di mayoritas kebanyakan software. Seperti Ctrl+O  untuk open file, Ctrl+S untuk save file, Ctrl+P untuk print model, dan shorcut lainnya yang umum & baku.

Biasakan letakan tangan kiri selalu siap menempel pada keyboard Anda, sedangkan tangan kanan tetap pada mouse. Mungkin sesekali Anda akan menggunakan kedua tangan jari Anda berada di atas keyboard untuk mengetikan text yang panjang. Tapi jika hanya mengetikan perintah, jumplah unit satuan, cukuplah mungkin tetap menggunakan tangan kiri Anda.

Buang kebiasaan mengklik icon perintah pada toolbar, mengklik menu bar, submenu, dan seterusnya.

Seting shortcut untuk perintah yangg belum diset oleh sketchup. Terutama tool perintah yang sering Anda gunakan. Karena secara default tidak semua tool perintah ada shortcutnya.

Untuk menseting shortcut silahkan ikuti tutorial singkat ini 
  1. Klik Menu  Windows>Preferences>ShortCut> . Akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini.
  2. Gunakan ketik di kotak filter untuk mempercepat pencarian shortcut yang akan diseting. Misalnya saya ingin mencari & menseting Edit/Paste In Place cukup  ketik pas maka akan terfilter otomatis.
  3. Pada kotak Add Shortcut  ketik satu huruf keyboard untuk shortcut. Jika sudah terpakai gunakan kombinasi Ctrl Alt atau Shift. Contoh saya gunakan Shift+V untuk shorcut Edit/Paster In Place
  4. Klik tombol plus (+) untuk menambah shortcut.
  5. Klik OK untuk menutup shortcut.
Cara seting shortcut di sketchup

Jika anda suatu saat mengalami tidak berfungsinya semua shortcut, silahkan baca artikel dibawah ini.


Selamat Belajar. Tetap semangat

Good art inspires,
Good design motivates.
Cara Mengoptimalkan Shortcut - Tips SketchUp Cara Mengoptimalkan Shortcut - Tips SketchUp Reviewed by NCEP Studio on Juli 05, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.